News &
Updates

News Image

Share

Sosialisasi Dinamika Remaja Atasi Kriminalitas
17 Mei 2023

Perkembangan dunia digital saat ini memunculkan dilema. Teknologi informasi yang semakin maju memudahkan kita dalam berkomunikasi, menambah wawasan dan kreativitas. Namun penggunaan teknologi digital yang tidak bijak memunculkan suatu permasalahan tersendiri. Permasalahan-permasalahan yang muncul diantaranya munculnya hoaks, penipuan, pencurian data, kecanduan dan cyberbullying. SMP Santa Maria bekerja sama dengan DP3APPKB Pemerintah Kota Surabaya mengadakan sosialisasi dinamika remaja tentang penggunaan internet sehat, Senin (15/5/2023) di aula KB/TK Santa Maria.

Peserta sosialisasi berjumlah 52 siswa-siswi dari pengurus OSIS, Konselor Sebaya, Duta Lingkungan. Melalui dialog interaktif bersama narasumber, Ibu Sri Hariani Murti, semua peserta mengakui memanfaatkan teknologi internet. “Saya memanfaatkan internet untuk belajar bahasa asing,” kata Agnes, siswi kelas VIIE. Beberapa peserta sosialisasi yang lain menyampaikan pendapatnya tentang pemanfaatan teknologi internet untuk mencari sumber data saat menyelesaikan tugas, belajar seni desain, belajar seni musik dan lain-lain. Selain itu juga, mereka memanfaatkan internet ini untuk sarana hiburan setelah selesai belajar. Selain untuk kebutuhan pendidikan dan hiburan mereka, semua peserta juga memiliki akun media sosial seperti pada umumnya remaja yang lain. Pemanfaatan media sosial ini untuk mencari teman dan dalam penggunaannya masih dapat dikategorikan masih dalam batas wajar.

Kupasan setiap materi dalam sosialisasi ini seru, terlihat peserta sangat senang dan antusias mengikutinya. Peserta bisa mengungkapkan secara natural apa yang dialami dalam memanfaatkan teknologi internet sehari-hari. “Selain dampak positif yang sudah anak-anak rasakan, perlu diketahui juga tentu ada dampak negatifnya, “ jelas Murti dengan gaya keibuannya. Teknologi internet dapat berdampak negatif bagi penggunanya. Narasumber mengungkapkan contoh-contoh kasus yang ditimbulkan dari dampak negatif teknologi internet ini, seperti kecanduan game on line, kasus penipuan, kasus cyberbullying, kasus pelecehan, serta kasus-kasus lain yang merugikan remaja itu sendiri. Hal ini merupakan ancaman dunia maya yang perlu diwaspadai bersama.

Untuk mencegah terjadinya tindakan yang menjurus pada tindakan kriminal,  perlu lebih bijaksana lagi bagi setiap orang sebagai pengguna teknologi internet. Tidak mudah terpengaruh terhadap hal-hal yang tidak baik yang terdapat di internet. Lebih berhati-hati terhadap orang yang baru dikenal saat bermedia sosial. Dengan sikap bijak dan filter yang baik dalam menggunakan internet, dapat meminimalkan tindakan kriminal yang mungkin bisa menimpa siapa saja. “Kalian harus bersyukur bersekolah di SMP Santa Maria ini, dengan guru-guru yang perhatian terhadap para muridnya, memberikan begitu banyak pengalaman, baik dalam aktifitas pembelajaran maupun pendidikan karakternya sehingga murid siap dalam menghadapi perkembangan teknologi ke depan, “ tambah Murti saat akan mengakhiri sosialisasi. 

 

Penulis : Agusta Entin Friari, S. Psi., Guru BK SMP Santa Maria.

 

 

Video kegiatan sosialisasi dinamika remaja

 

Foto-foto kegiatan sosialisasi dinamika remaja

Sumber diambil dari laman: https://smp-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/sosialisasi-dinamika-remaja-atasi-kriminalitas

Dirilis pada tanggal 15 Mei 2023