News &
Updates

News Image

Share

Together We Unite
13 Juli 2024

Kampus Ursulin Surabaya - Sabtu(13/7/2024) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa-Siswi kelas 7 tahun ajaran 2024/2025 resmi dibuka oleh Kepala Satuan Pendidikan, Martha Sawitri Handayani S.Pd. Pembukaan MPLS ini disambut meriah oleh 80 panitia siswa dari kelas 9 dan 8 dalam acara “welcome party”. Pembukaan MPLS merupakan simbol penyerahan siswa baru dari orang tua kepada pihak sekolah. Orang tua berharap putra/putrinya medapatkan pendampingan yang maksimal. Ditengah acara yang dipandu oleh Cilla, Alea dan Abel, bapak ibu guru beserta panitia membuat satu lingkaran besar yang mengelilingi orang tua dan siswa baru untuk saling mendoakan satu dengan yang lainnya. Doa dipimpin oleh Suster Siti dan orang tua memberkati anak-anaknya untuk memulai pembelajaran baru di SMP Santa Maria Surabaya. Kemudian semua saling bergandengan tangan yang menyimbolkan bahwa kita semua adalah satu keluarga besar SMP Santa Maria yang akan saling mendukung dan saling melengkapi satu dengan yang lain. Tentu momen haru ini adalah momen yang tidak akan terlupakan karena disini adalah waktu orang tua mempercayakan anak-anaknya untuk di didik di SMP Santa Maria. Setelah momen haru ini selesai, panitia mempersembahkan penampilan flashmob dan yel-yel untuk membuat suasana menjadi senang dan siap mendampingi adik-adik selama masa MPLS ini. 

Setelah acara “welcome party” sudah selesai, dilanjutkan oleh penampilan dari paduan suara Canticum Mariae Virginis atau biasa disebut CMV. Tim paduan suara ini sudah memenangkan banyak sekali lomba-lomba, sehingga layak untuk ditampilkan di depan adik-adik semua agar mengenal tim paduan suara ini. Setelah menikmati penampilan dari paduan suara, siswa-siswi kelas 7 diajak untuk mengenal KSP, bapak ibu guru, tenaga kependidikan dan tenaga penunjang. Setelah kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan program, tata tertib kepada orang tua dan siswa.

Supaya siswa-siswi baru semakin dekat dengan teman-teman barunya, sie games membuat permainan yang melatih kekompakan dan kerja sama antara satu sama lain dengan membuat piramida dengan gelas aqua menggunakan karet yang sudah disediakan. MPLS akan berlangsung selama 3 hari, dan setiap kelas membuat yel-yelnya masing-masing untuk melatih jiwa kepemimpinan dan kerja sama mereka. Hari ini adalah hari yang menyenangkan bagi siswa-siswi baru yang masuk di hari pertama sekolah. Yang menyenangkan bagi para kakak-kakak panitia adalah saat menyambut adik-adik kelas 7 yang baru dengan ramah dan baik. Banyak nilai yang bisa didapatkan dari kita belajar untuk membangun keahlian sosial, berkomunikasi, kreatif dan bisa saling bekerja sama. Semoga MPLS tahun ajaran 2024/2025 bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan.

SANMARIANS?? TOGETHER WE UNITE

Penulis : Agnes Nathania Widodo, Kelas 9A/02