News &
Updates

News Image

Share

Tim Debat SMP Santa Maria Borong Juara Diajang Lomba Debat Tingkat Nasional
1 Maret 2023

Kamis, 23 Februari 2023, kedua tim debat SMP Santa Maria menempuh perjalanan kurang lebih 9 jam menuju Stasiun Gambir di Jakarta sebelum akhirnya menaiki KRL Commuterline ke Bogor. Dengan disambut oleh hujan deras di Jakarta, kedua tim debat berhasil menuju Bogor dengan didampingi oleh Bu Dina selaku pembina dan mentor debat mereka. Sesampainya di Bogor, kedua tim debat langsung mengikuti technical meeting.

Acara Final SMENTION diawali dengan upacara pembukaan, sebelum kedua tim debat SMP Santa Maria menuju ke ruang tunggu lomba. Di ruang tunggu lomba, diadakan pengundian lawan dan mosi yang akan diperdebatkan.

Tim Debat SMP Santa Maria A, yang beranggotakan: 8D/Brenda, 8D/Rebecca, 8D/Aurel, melawan panitia di urutan pertama dengan mosi, “Banyaknya koruptor di negara Indonesia menjadi penyebab utama dalam degradasi ekonomi”. Panitia yang dilawan oleh Tim Debat A ini juga merupakan tim debat dari SMAIT Insantama sendiri. Maka dari itu, pertandingan debat kali ini berjalan dengan sangat sengit. Namun, Tim Debat SMP Santa Maria A berhasil menyampaikan argumennya dan menyanggah argumen lawan dengan baik.

Sedangkan, Tim Debat SMP Santa Maria B, yang beranggotakan: 8A/Felice, 9A/Leticia, 9A/Devica, melawan tim debat dari SMP Al-Azhar 20 Cianjur dengan mosi, "Diterapkannya kembali kebijakan penenggelaman kapal asing bagi pelaku illegal fishing efektif untuk meningkatkan ekonomi Indonesia”. Pertandingan debat ini juga berlangsung tidak kalah sengit dari sebelumnya. Debat yang sengit ini ditutup oleh pidato jawaban yang berisi kesimpulan, refleksi, dan solusi oleh Leticia, yang akhirnya berhasil membawa Leticia menjadi Best Speaker di ajang kompetisi SMENTION 2023 ini.

Kedua tim debat SMP Santa Maria ini juga berhasil membawa pulang dua piala ke Kampus SMP Santa Maria. Juara 1 dari lomba debat ini diraih oleh, Tim Debat SMP Santa Maria B. Sedangkan, Juara 3 diraih oleh Tim Debat SMP Santa Maria A.

Semoga dengan kemenangan ini, dapat memotivasi siswa/i SMP Santa Maria lainnya untuk mengikuti ajang kompetisi yang tentunya dapat mengembangkan bakat dan kemampuan mereka.

Rebecca Straccia L