News &
Updates

News Image

Share

Teliti Hambatan dan Kendala Penggunaan Mobil Listrik, Dua Siswi Juarai LPPS 2023
8 Mei 2023

Ketelitian, semangat dan kerja keras, penelitian tentang mobil listrik yang berjudul “Analisa Hambatan dan Kendala Penggunaan Mobil Listrik di Indonesia Saat Ini” berhasil membawa Darlene Iona Angelica dan Caroline Jovanka Chrisandhi meraih Juara III dalam Lomba Peneliti Pelajar Surabaya yang diadakan oleh Dispendik Surabaya tahun 2023. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 4-6 Mei 2023 di SMP Negeri 12.

“Kami tertarik untuk meneliti ini karena mobil listrik dapat menjadi sebuah solusi akan dampak negatif yang disebabkan oleh gas emisi karbon kendaraan BBM. Sebetulnya, pemerintah juga sudah mencanangkan agar masyarakat Indonesia beralih ke mobil listrik, namun kami melihat  kalau jumlah pengguna mobil listrik masih sedikit. Maka dari itu, kami meneliti hal ini agar menemukan alasan dari masalah minimnya penggunaan mobil listrik saat ini di Indonesia,” ujar Caroline tentang latar belakang penelitian mereka.
 

Untuk mempersiapkan penelitian kualitatif ini dengan matang mereka membaca banyak literasi tentang mobil listrik dan ketergantungan Indonesia terhadap kendaraan BBM. Tidak hanya itu, untuk menunjang penelitian, mereka pun juga melakukan wawancara dengan beberapa narasumber; seorang karyawan PLTU, branch manager salah satu perusahaan yang memproduksi mobil listrik, dan beberapa orang yang menggunakan mobil listrik di Surabaya. Melalui kedua proses itu mereka menemukan apa saja yang menjadi kendala sehingga negara Indonesia masih belum siap  untuk beralih ke mobil listrik.

Kedua peneliti belia ini merasa terharu dan bahagia karena akhirnya berhasil meraih juara di ajang LPPS 2023 setelah setahun sebelumnya mereka mengalami kegagalan yang pahit. Keduanya tidak larut dalam rasa kecewa dan memutuskan untuk kembali berjuang tahun ini dengan belajar dari kegagalan terdahulu. “Tips dari kami adalah jangan menyerah dan tetap semangat. Semua butuh proses. Kita tidak akan selalu menang sebab pasti ada masa di mana kita akan gagal tetapi kita harus menjadikannya sebagai  pelajaran untuk lebih baik lagi di kesempatan selanjutnya,” kata Darlene.

Semoga perjuangan keduanya dapat menginspirasi para siswa lain untuk tidak menyerah atas kegagalan yang dialami. Percaya pada diri sendiri, percaya pada proses yang sudah dilakukan, berhasil ataupun gagal kita harus tetap belajar.
            
Penulis : Bernard Rizky Noweng, Guru Pendamping LPPS 2023