News &
Updates

News Image

Share

Studi Banding SMP PL Domenico Savio Semarang
3 September 2023

Jumat, 1 September 2023 (1/9/2023), SMP Santa Maria Surabaya mendapat kunjungan studi banding dari SMP PL Domenico Savio Semarang. Kunjungan ini dihadiri oleh kepala satuan pendidikan dan stafnya, perwakilan dari tenaga kependidikan, dan tenaga penunjang yang bertujuan untuk berbagi wawasan dan pengalaman dalam usaha peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan di sekolah.  

Mengawali rangkaian kegiatan studi banding yang berlangsung di ruang Dezensano, dalam sambutan hangat Kepala Satuan Pendidikan SMP Santa Maria Surabaya, Martha Sawitri H., S.Pd., mengungkapkan, “ Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami dipilih sebagai salah satu sekolah untuk kegiatan studi banding ini mengingat SMP PL Domenico Savio merupakan salah satu sekolah terkenal di Kota Semarang yang memiliki nama besar dan  keunggulan di bidang akademik dan nonakademik.” Dalam acara pembukaan ini, turut hadir pula Kepala Satuan Pendidikan KB/TK dan SD Santa Maria Surabaya.

Sharing saling tukar wawasan dan pengalaman yang berkaitan dengan bidang Kurikulum, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kesiswaan, PPDB, Kehumasan, Manajemen Sekolah, dan Penataan dan Pengelolaan Lingkungan Sekolah merupakan agenda utama studi banding. Suasana kekeluargaan dan keakraban sangat mewarnai dalam sharing ini sehingga banyak ditemukan kemiripan dalam usaha untuk selalu meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan bagi peserta didik di masing-masing sekolah. Selepas sharing, dilanjutkan dengan visitasi ke SMP, KB/TK, dan SD Santa Maria Surabaya untuk melihat langsung proses pembelajaran dan fasilitas-fasilitas pendukungnya.

“Sebagai sama-sama sekolah Katolik dan cagar budaya kita mempunyai tantangan, harapan, dan spiritualitas yang memiliki kemiripan pula dalam usaha melayani peserta didik yang dipercayakan kepada kita. “Ngangsu Kawruh” dalam studi banding ini yang penuh kehangatan dan kekeluargaan semoga dapat terus dilanjutkan sehingga  tercipta bentuk kerja sama nyata dalam memajukan sekolah,” ungkap Br. Antonius Parjana, FIC, S.Pd., Kepala Satuan Pendidikan SMP PL Domenico Savio Semarang, dalam sambutan penutup kegiatan studi banding.

Penyerahan cendera mata dan karya buku fiksi siswa SMP PL Domenico Savio Semarang kepada Kepala Satuan Pendidikan SMP Santa Maria Surabaya menjadi penghujung rangkaian kegiatan studi banding dan sekaligus penanda dimulainya kerja sama untuk membangun jejaring antarlembaga pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan.

 

Penulis: Ignatius Suhari, Humas SMP Santa Maria