News &
Updates

News Image

Share

Spirit of Entrepreneur
1 Agustus 2023

Negara yang maju adalah negara yang memiliki banyak wirausahawan. Keberadaan mereka berperan besar dalam memajukan perekonomian suatu negara. Namun sayangnya Indonesia masih belum memiliki jumlah pengusaha yang cukup. Itulah sebabnya dalam proyek P5 Kelas 8 yang dimulai pada hari Senin, 31 Juli 2023, para siswa akan berdinamika dengan kelompok dan mempelajari banyak hal dan melakukan aksi nyata tentang entrepreneur. Kegiatan yang mengasyikkan ini akan berlangsung selama tiga minggu ke depan dan sebelumnya mereka akan dibekali terlebih dahulu tentang Kewirausahaan.

Setelah mengikuti jam wali kelas di pagi hari, seluruh siswa kelas VIII bergerak menuju ke lantai empat untuk mempelajari banyak hal tentang kewirausahaan. Ada dua narasumber yang diundang oleh sekolah untuk menjadi mentor para siswa di hari pertama kegiatan ini. Mereka adalah Immanuel Ustadi Osiyo, seorang dosen dari Universitas Ciputra Surabaya dan Universitas Brawijaya Malang serta Dr. Bonnie Soeherman, S.E. M.Ak yang menjabat sebagai Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Surabaya. Para siswa terlihat antusias saat mendapatkan materi dari narasumber dan cukup banyak dari mereka yang mengajukan pertanyaan. Salah satunya Nina dari kelas VIII D yang bertanya, ‘Nasihat positif apa yang dapat bapak berikan ke kami untuk memasuki dunia entrepreneur?’.

Pembekalan yang berlangsung hari ini meninggalkan kesan bagi para siswa kelas VIII tentang dunia wirausaha. ‘Saya merasa senang karena dari pembekalan ini saya mendapatkan banyak pengetahuan akan wirausaha. Membuka usaha tidak dimulai dari adanya modal saja tapi kita perlu memiliki mentalitas wirausahawan terlebih dulu di antaranya seperti berpikir kreatif dan inovatif’, ujar Levina Savaiko dari kelas VIII D. “Saya merasa tertarik dengan dunia wirausaha karena dari awal penjelasan yang disampaikan oleh guru dan narasumber sangat seru, informatif, dan menarik”, kata Christo dari kelas VIII A. Sedangkan Aurel dari kelas VIII E berujar, “Saya belajar bahwa memahami pentingnya membangun jiwa kewirausahaan sejak dini akan menjadi langkah penting dalam mendorong inovasi, kreativitas, dan pertumbuhan ekonomi”.

Semoga dengan kegiatan tentang dunia wirausaha yang disampaikan oleh guru dan narasumber hari ini dapat menjadi bekal bagi seluruh siswa-siswi kelas delapan dalam menghadapi tantangan yang ada di masa depan dan ada semakin banyak entrepreneur muda yang bermunculan dari sekolah kita tercinta.

Penulis : Mr. Bernard, Guru Bahasa Inggris