News &
Updates

News Image

Share

Siapkan Generasi Sehat, Pemkot Surabaya Gelar Siber Casting
23 Mei 2023

Remaja putri dari SMP negeri dan swasta se-Surabaya ikuti kegiatan Siber Casting "Aksi Bergizi Cegah Stunting" oleh Dinas Pemerintah Kota Surabaya pada hari Selasa, 23 Mei 2023. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan menurunkan risiko anemia pada remaja putri dan menurunkan kejadian stunting pada remaja. Kegiatan ini diikuti oleh 250 lebih sekolah dari SMP negeri dan swasta se-kota Surabaya. Kegiatan Siber Casting dilaksanakan melalui zoom bersama yang berpusat di SMPN 37 Surabaya sebagai tempat pelaksanaan. 

Kegiatan Siber Casting dimulai dengan senam bersama selama 20 menit kemudian dilanjutkan oleh kegiatan cuci tangan bersama. Kemudian dilanjutkan pembukaan oleh Bapak Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya) dan Ibu Rini Indriyani (Ketua TP PKK Kota Surabaya). "Dalam kegiatan ini dihimbau para remaja khususnya remaja putri untuk tetap konsisten dalam menjaga kesehatan mulai dari pola makan dan minum tablet tambah darah secara konsisten," kata Eri Cahyadi dalam sambutannya. Pada kesempatan yang sama Ibu Rini, Ketua TP PKK, turut memberikan sambutan.  "Sekitar 32% remaja Surabaya, telah mengalami anemia sehingga perlu adanya kesadaran pada anak remaja zaman sekarang untuk lebih menjaga kesehatannya," kata Rini dengan gaya keibuannya.

 

 

Tidak hanya sampai situ saja, kegiatan Siber Casting dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama, minum tablet tambah darah, dan edukasi kesehatan pada remaja. Dalam edukasi kesehatan remaja ini, sebagai narasumber dari perwakilan PERSAGI Kecamatan Surabaya dengan penjelasan mengenai gejala anemia, tujuan pemberian TTD (Tablet Tambah Darah), dan mencegah terjadinya anemia. "Remaja perlu menjaga pola makan dengan memakan lebih banyak makanan yang mengandung zat besi, makan makanan bergizi, meminum tablet tambah darah seminggu sekali, dan melakukan olahraga secara konsisten,” jelas salah satu narasumber.

 

 

Dari kegiatan ini dapat diperoleh pengalaman bagaimana untuk menjaga kesehatan dan mendalami  nilai integritas yang dapat dipetik di dalamnya. Dalam kegiatan ini diajarkan pula untuk konsisten dalam menjaga kesehatan mulai dari pikiran sehat dan perbuatan pola makan yang dilakukan.

 

Penulis : Theresia Vennarossa Pamudya, kelas IXC-32