News &
Updates

News Image

Share

SIAP MENJADI PELOPOR DAN PELAPOR: SEMINAR UNTUK TRAINING PENCEGAHAN DAN PENANGANAN AWAL OCSEA.
8 Agustus 2023

Sudah menjadi kebiasaan bagi SMP Santa Maria selalu melakukan pembiasaan/habitus pagi rutin setiap hari Rabu. Khusus untuk hari Rabu, 2 Agustus 2023 ini, saat adik-adik kelas 7 berkegiatan di luar sekolah terkait P5 dan kelas 8 berkegiatan membumi bersama DULINK, kakak-kakak kelas 9 mengikuti seminar “Training Pencegahan dan Penanganan Awal Kekerasan dan Eksploitasi Seksual pada Anak di Ranah Daring (OCSEA)” di aula lantai 4. 

“Sekarang, kasus OCSEA sudah banyak terjadi maka dari itu perlu adanya training pencegahan dan penanganan awal kasus OCSEA ini”, ujar Ignatius Suhari selaku Wakasek Humas SMP Santa Maria Surabaya dalam sambutannya di seminar hari ini. Memang sudah faktanya, kasus OCSEA sudah marak terjadi di kalangan anak-anak hingga remaja. Fakta ini didukung dengan sesi sharing yang dilakukan selama sesi materi berlangsung. 

Sesi materi yang pertama diawali oleh KBG dan KBGO. KBG merupakan kekerasan berbasis gender, sedangkan KBGO merupakan kekerasan berbasis gender online. Di sesi materi ini, para siswa diajak untuk mengenal unsur dan berbagai bentuk KBG dan KBGO. Tak lupa, selama sesi KBG dan KBGO ini dilakukan juga pendalaman kasus-kasus seputar KBG dan KBGO seperti kasus pelecehan dan eksploitasi seksual, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dan cyberstalking

Berlanjut ke sesi berikutnya, di awal sesi, siswa/i kelas 9 diajak untuk berdiskusi mengenai kasus OCSEA. Siswa/i kelas 9 sangat aktif dalam mengutarakan pendapatnya mengenai kasus OCSEA yang terjadi. Baik itu yang terjadi pada diri mereka sendiri maupun yang mereka dengar dari berita atau radio. Setelah itu, juga dijelaskan mengenai unsur, pencegahan, dan saluran bantuan untuk melapor mengenai OCSEA.

Ternyata, di Surabaya ini sudah ada banyak sekali saluran bantuan untuk pelaporan kasus OCSEA. SMP Santa Maria Surabaya juga tidak mau ketinggalan juga pastinya. Seminar hari ini, juga digunakan untuk mengenalkan komunitas baru yang ada di SMP Santa Maria. Komunitas yang akan fokus bergerak menjadi pelopor dan pelapor di bidang KBG, KBGO, dan OCSEA, yaitu Your Safe Space.

Komunitas ini nantinya akan menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk para siswa SMP Santa Maria Surabaya untuk melaporkan kasus-kasus KBG, KBGO, dan OCSEA yang mereka alami dan komunitas ini akan siap untuk menindaklanjuti kasus yang dialami pula. Luar biasanya lagi, yang membuat seminar hari ini spesial adalah fasilitator atau pematerinya.

Pemateri seminar untuk Training Penanganan dan Pencegahan Awal OCSEA adalah Agnes Thania, kelas 8 B dan Rebecca Straccia, kelas 9 E. Mereka telah mengikuti training terlebih dahulu bersama PLATO Foundation dan UNICEF pada bulan Juni lalu. Dan akhirnya mereka mengadakan seminar ini untuk membagikan pengalaman mereka selama training yang mereka ikuti. Dengan harapan, siswa/i SMP Santa Maria Surabaya siap untuk mencegah alur penyebaran OCSEA.

“You and me together, we can be each other safe space”

YUK KITA BERANI MENJADI PELOPOR DAN PELAPOR!

Penulis : Rebecca Straccia 9E-23