News &
Updates

News Image

Share

Semangat Sumpah Pemuda, Bersama Majukan Indonesia
28 Oktober 2023

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmaris, Sabtu (28/10/2023) sekolah mengadakan upacara dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-95. Upacara dilaksanakan dihalaman sekolah dengan melibatkan siswa dan guru mulai pukul 07.00 sampai 08.00 wib. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 kali ini adalah “Bersama Majukan Indonesia” sebuah seruan kepada para pemuda agar bersatu padu membangun bangsa dan negara ini, agar Indonesia menjadi negara maju. Tema tersebut dapat diartikan ajakan untuk membangun semangat kolaborasi dari semua elemen bangsa dalam memajukan Indonesia. Memantapkan kerja bersama dalam satu gerak langkah sehingga tercipta pemuda yang maju. 

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober merupakan peringatan ikrar para pemuda Indonesia yang disampaikan dalam Kongres Pemuda Kedua tahun 1928 silam. Para pemuda tersebut berikrar:

Pertama, kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua, kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga, kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


Istilah Sumpah Pemuda melekat pada keputusan kongres ini. Peringatan Hari Sumpah Pemuda bertujuan untuk mengingatkan perjuangan bangsa Indonesia, terutama perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebarkan semangat patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan yang melahirkan sebuah komitmen yang meliputi bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Sebagai generasi muda, kita diharapkan menjadi manusia yang berkualitas dan berdaya guna bagi bangsa dan negara, “ ajak Ignatius Heri Kristiono Wakasek Kesiswaan saat memberikan amanatnya. Untuk menuju tahun kejayaan Indonesia 2045, banyak hal yang harus generasi muda siapkan. “Salah satu usaha pemuda-pemudi dalam rangka menyiapkan generasi yang berkualitas, hari ini bersamaan juga dengan kaderisasi OSIS yang saya ikuti juga,” kata Michael, pembaca teks putusan kongres pemuda pemuda Indonesia 1928. (Bk)

 

Video Liputan Upacara :