News &
Updates

News Image

Share

Retret Kelas 9D, 9E “Siap Menjadi Duta Serviam yang Diutus”
11 September 2023

Surabaya, Kampus Ursulin-Sanmaris, Rabu, 6 September hingga Jumat, 8 September 2023, angkatan kelas 9, terkhusus kelas 9D dan 9E mengikuti retret gelombang ke-2 dengan tema, “Dengan Semangat Santa Angela, Siap menjadi Duta Serviam yang Diutus”.

Pada hari Rabu, kelas 9D dan 9E, masih mengikuti pembiasaan pagi pada hari Rabu yaitu senam, dan dilanjut hingga jam pembelajaran yang ke-3. Lalu setelah itu, mereka bersiap untuk berangkat ke Rumah Retret Bintang Kejora yang ada di Pacet yang akan ditempuh selama kurang lebih 2 jam.

Hingga akhirnya pada pukul 13.00, mereka tiba di rumah retret. Setelah tiba di rumah retret, mereka diberi istirahat terlebih dahulu. Ada yang menjelajahi lingkungan rumah retret, ada yang memberesi di kamar, dan ada pula yang sedang bermain alat musik. Suasana seperti ini terus berlanjut hingga akhirnya di sore hari. Mereka berkumpul di aula untuk memulai rangkaian acara retret.

Rangkaian acara retret ini dibuka dengan ibadat pembuka terlebih dahulu, sebelum akhirnya berlanjut ke sesi ice breaking dan materi yang dipimpin oleh tim 3D (dream it, drop it, do it). Tim 3D inilah yang setia menemani dan membimbing siswa/i kelas 9D dan 9E menjadi Duta Serviam yang diutus selama 3 hari di Pacet.

“Sesi ice breaking berlangsung sangat seru! Kita bisa mengenal satu sama lain lebih dalam lagi. Yang dulunya, kita hanya sebatas mengenal nama, namun dengan game yang ada di ice breaking ini, kita bisa tertawa dan bercanda bersama-sama tanpa rasa canggung” ujar salah satu siswa 9D. 

Setelah itu, tim 3D mengajak semuanya untuk melaksanakan meditasi terlebih dahulu. Dimana kita diajak untuk “pause” atau berhenti sejenak dari segala kegiatan. Sebelum akhirnya berlanjut ke sesi “points of you”. 

Di sesi ini, siswa/i diajak untuk mengambil kartu yang berisi gambar apapun, dan diajak untuk merefleksikan kartu tersebut. Setelah direfleksikan, mereka diajak untuk menjawab pertanyaan dan niat-niat yang berhubungan dengan semangat melayani yang ada di layout chart. 

Berbeda dengan hari pertama, di hari kedua ini, lebih difokuskan kepada fisik dan skill leadership. Di hari kedua inilah, mereka melakukan outbound yang tentunya bisa membangun semangat persatuan mereka antara satu dengan yang lainnya! Salah satu kegiatan outbound yang dilakukan adalah para ketua kelompok harus memimpin anggota yang matanya ditutup, lalu juga ada anggota yang tangannya diikat, dan kakinya di ikat, menyusuri rintangan yang ada. 

Di hari kedua ini juga, dilaksanakan pula malam api unggun sambil menampilkan drama yang dipersiapkan selama kurang lebih 2 minggu sebelum retret ini. Drama yang ditampilkan merupakan perwujudan dari 6 nilai dasar serviam yang ada! Mulai dari keberanian dan ketangguhan, cinta dan belas kasih, dan masih banyak lagi! 

Kemudian, dari segala kegiatan yang telah dilakukan di hari pertama dan kedua ini, semuanya ditutup dengan perayaan ekaristi di hari ketiga. Sekaligus untuk mendoakan aksi pelayanan yang akan dilakukan setiap siswa/i sebagai Duta Serviam yang siap diutus.

“Adakah serviam di hatimu? Ada, ada, ada!” 

Semoga dengan adanya retret ini, siswa/i kelas 9 seluruhnya siap meneladan semangat Santa Angela untuk menjadi Duta Serviam! (Rsl)