News &
Updates

News Image

Share

Pra-Kaderisasi Komunitas Duta Lingkungan
21 Agustus 2023

Lumrahnya, para anak muda akan menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, ataupun kerabat mereka di weekend. Namun, hal tersebut berbeda untuk para calon anggota Komunitas Duta Lingkungan SMP Santa Maria Surabaya karena mereka menyempatkan diri mereka untuk hadir & mengikuti acara Pra-Kaderisasi 2023 yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 19-20 Agustus 2023.

Para calon anggota mempersiapkan diri untuk acara ini dengan bersemangat. Pada hari pertama mereka mencoba untuk mengenali diri sendiri, teman-teman mereka, dan juga komunitas untuk memunculkan rasa kekeluargaan lewat materi yang diberikan oleh pembina. Acara makan bersama dihadiri oleh para alumni untuk merayakan ultah Dulink yang ketujuh belas dan menginspirasi para anggota baru. Pemotongan tumpeng dilakukan dengan sangat meriah dan para anggota serta alumni Dulink saling berkomunikasi untuk menjalin ikatan bersama sebagai keluarga.

Kegiatan di hari kedua diawali dengan Membumi Benih di mana semua peserta mengambil berbagai makna dari kegiatan tersebut. Setelah itu para peserta bergerak mengikuti Car Free Day guna mengidentifikasi isu-isu lingkungan yang ada di sekitar mereka bersama kelompok. Setelah proses identifikasi selesai mereka memaparkan hasil yang mereka peroleh saat observasi dan diskusi kelompok. Dua hari yang singkat ini, tidak terasa sudah berakhir dan meninggalkan kesan tersendiri bagi para peserta salah satunya Regina Federica Wang kelas 8E/22, ‘Saya merasa senang bertemu dengan para alumni dan bisa mengikuti kegiatan outbound di sekolah. Selain itu saya juga belajar untuk menahan emosi dan dan bekerja dalam kelompok’.

Penulis:
Caroline Jovanka Chrisandhi – 9D/05
Thomas Jefferson Asali – 9E/26