News &
Updates

News Image

Share

Perjusa: Mengenal Lebih Dekat Keterampilan dan Karakter Pramuka
23 November 2023

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmaris, Jumat s.d. Sabtu,  9 s.d. 10 November 2024, Penggalang kelas 9 SMP Santa Maria Surabaya mengikuti kegiatan Perjusa yang dilaksanakan di sekolah. Banyak sekali kegiatan yang kami ikuti dan membantu kami dalam meningkatkan keterampilan kepramukaan. Kami mengawali kegiatan Perjusa dengan melaksanakan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan fun game. 

Setelah itu kami memasuki base camp masing-masing dan belajar membuat tandu, PBB, dan semaphore untuk persiapan lomba yang dibantu oleh teman-teman Dewan Penggalang beserta Kakak-Kakak Pembina. Lalu dilanjutkan dengan persiapan pentas seni api unggun yang sudah mereka siapkan dengan teman-teman regunya. 

Pada malam harinya kami makan malam bersama-sama sebelum mengikuti upacara api unggun. Tepat pukul 20.15 WIB kami mengikuti upacara api unggun dan dilanjutkan dengan pentas seni yang sudah dipersiapkan oleh adik-adik Penggalang, begitu juga dengan Dewan Penggalang. Pada pukul 22.45 WIB kami melakukan ibadat malam sebelum kembali ke base camp masing-masing dan beristirahat.

Keesokan harinya kami memulai hari dengan berdoa bersama di masing-masing basecamp dan dilanjutkan dengan kegiatan memasak, senam, dan juga kerja bakti. Setelah kegiatan memasak selesai, kami pun menyantap apa yang telah kami buat. Kegiatan berikutnya adalah lomba PBB, pionering, dan semaphore. 

Para penggalang begitu antusias ketika mengikuti ketiga lomba tersebut. Dengan kerja sama yang ada mereka yakin dapat melalui ini semua. Kegiatan Perjusa ini diakhiri dengan upacara penutupan dan pengumuman pemenang perlombaan. Mereka begitu senang dan bahagia ketika mendengar pengumuman pemenang lomba yang disampaikan oleh Dewan Pembina. 

Dengan adanya kegiatan Perjusa ini,  diharapkan dapat membantu para Pramuka Penggalang untuk mengembangkan kepemimpinan, meningkatkan kecakapan, keterampilan, dan kemampuan dalam teknik kepramukaan,  meningkatkan penghayatan kode kehormatan Janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka, serta untuk memupuk persaudaraan dan persatuan para Pramuka Penggalang. (dp)