News &
Updates

News Image

Share

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021
10 November 2021

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA DAN BULAN BAHASA 2021

              Pada 28 Oktober 1928 di Jakarta, muncul sebuah gagasan dari para pemuda dan pemudi Indonesia. Gagasan tersebut adalah menggunakan  Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa karena lewat bahasa kita dapat melebur perbedaan yang ada. Karena lewat bahasa kita dapat memupuk rasa nasionalisme dan menjalin komunikasi satu sama lain.
              Namun tidak bisa dipungkiri bahwa di era saat ini dimana batas antar negara sudah tidak ada lagi khususnya dalam dunia digital, kita pun dituntut untuk menguasai bahasa asing agar bisa berkomunikasi dan menjalin hubungan baik antar negara sehingga dapat terjalin kerjasama yang baik.
              Selain menguasai bahasa Indonesia dan bahasa asing, kita pun juga perlu untuk melestarikan bahasa lokal daerah kita masing-masing. Sebab di era modernisasi ini bahasa lokal daerah setempat mulai tergerus zaman. Padahal bahasa lokal merupakan ciri khas dari setiap daerah di bumi Indonesia. Sungguh disayangkan apabila ragam bahasa daerah tersebut hilang dari Indonesia.

                Berkaca dari hal tersebut untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalisme, cinta, dan antusias para generasi muda akan kecintaan terhadap beragam bahasa maka diadakan lomba pidato bahasa Indonesia, bahasa Daerah, serta bahasa Inggris. Selain lomba berpidato, diadakan juga lomba majalah dinding antar kelas untuk memperingati Bulan Bahasa 2021. Kegiatan ini beracuan pada tema nasional “Berbahasa Sehat, Indonesia Tangguh”.