News &
Updates

News Image

Share

Penyerahan Hewan Kurban ke Masjid Sekitar Sekolah
14 Juni 2024

Kampus Ursulin Surabaya-Jumat, 14 Juni 2024  beberapa pengurus OSIS sebagai perwakilan dari siswa/siswi SMP Santa Maria Surabaya menyerahkan sumbangan berupa dua ekor kambing korban untuk Masjid Haqqul Yaqin Dinoyo, Surabaya.

Seluruh siswa/siswi SMP Santa Maria Surabaya telah menyisihkan sebagian dari uang saku mereka agar dapat terkumpul dana yang cukup untuk membeli hewan korban. Penyerahan hewan kurban ini dilakukan sebagai wujud silaturahmi dengan saudara/saudari kita yang beragama Islam yang akan memperingati hari raya Idul Adha pada hari Senin, 17 Juni 2024.

Hari raya Idul Adha juga dikenal dengan sebutan Lebaran Kurban karena perayaan ini berpusat pada ritual penyembelihan hewan korban sebagai simbol ketaatan dan pengorbanan. Umat Islam diharapkan dapat lebih bertakwa, menumbuhkan kepekaan, kepedulian sosial, dan rela mengorbankan sebagian harta yang dimiliki.

Pada hari raya Idul Adha, saudara/saudari muslim memperingati peristiwa saat Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah. Pada umumnya, hewan yang dijadikan korban di Indonesia dapat berupa sapi dan kambing. Salah satu tradisi Idul Adha adalah menyajikan hidangan atau makanan khas berbahan dasar daging.

Selain itu, Idul Adha juga disebut dengan Lebaran Haji sebab bertepatan dengan hari raya Idul Adha, umat Islam dari seluruh dunia melaksanakan ibadah haji di tanah suci, Mekkah.

Semoga sumbangan yang telah kami berikan dapat menjadi berkat bagi saudara/saudara kita yang merayakan Idul Adha.

(Penulis: Michelle Charisslyn Christabel, 7C)