News &
Updates

News Image

Share

Pengurus OSIS Gelar “La Enchante Foret”, Ajang Seru-Seruan Setelah Selesai Sumatif Akhir Semester
15 Juni 2023

Senin, 5 Juni 2023, OSIS SMP Santa Maria dengan resmi membuka acara classmeeting 2023, dengan tema “La Enchante Foret: The Enchanted Olympics” di lapangan Tumapel SMP Santa Maria. Kegiatan classmeeting ini meliputi: Golden Orbs untuk basket, Enchanted Quaffle untuk futsal, The Poisonous Shot untuk dodgeball, Lord of The Strings untuk bulu tangkis, dan The Miraculous Chase untuk scavenger hunt. Kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari. Pada hari pertama merupakan babak penyisihan dan hari kedua merupakan pertandingan final. 

Meskipun panas matahari begitu terik, para siswa SMP Santa Maria tetap semangat dalam mengikuti program classmeeting. Rasa haus karena suasana panas teratasi oleh stan  minuman segar dan jajanan lezat yang disediakan pengurus OSIS. Tidak lupa untuk mengabadikan momen classmeeting ini, pengurus OSIS juga bekerja sama dengan SPC (Sanmar Photographer Community) untuk mengadakan stan photobooth dengan tema La Enchante Foret.

Setelah dua hari berturut-turut pelaksanaan classmeeting di bidang olahraga, tibalah saatnya pada hari ketiga difokuskan pada kegiatan yang bernuasa seni. Tema hari ketiga sedikit berbeda dengan hari pertama dan kedua, yaitu “La Enchante Foret: Enchanted Memories”. Kegiatan classmeeting hari ketiga ini dilaksanakan di aula lantai 4 yang sudah penuh didekor dengan dedaunan yang digantung foto-foto kenangan kelas IX. Hari ketiga ini diawali dengan program STMJ yaitu Sanmar Time for MenJoget. Sesuai dengan namanya sendiri, program STMJ ini merupakan kegiatan para siswa untuk dapat menari atau berdansa ria dengan temannya. Berbeda dengan program menari pada umumnya: yang biasanya jurinya merupakan pengurus OSIS, kali ini program STMJ dinilai oleh kakak-kakak kelas IX yang merupakan tim dance andalan SMP Santa Maria.

Tidak lupa, pengurus OSIS juga menyediakan kegiatan ice breaking yang tidak kalah serunya dengan program STMJ. Kegiatannya berupa twisted chairs. Permainan akan dimulai jika sudah terkumpul 10 orang secara volunter. Namun, ada yang berbeda dari sebelumnya yaitu: salah satu peserta akan mengambil sebuah kertas dari kotak undian dan semua peserta harus melakukan apa yang tertulis di kertas tersebut, sebelum akhirnya musik berhenti dan mereka duduk. 

Kegiatan classmeeting yang penuh keceriaan dan kegembiraan ini ditutup dengan tampilan flashmob dan yel-yel dari pengurus OSIS. Setelah yel-yel selesai, tiba-tiba lampu aula dimatikan oleh pengurus OSIS dan tampaklah video flashback kakak-kakak kelas IX yang akan graduation. Video flashback ini merupakan sebuah kejutan sekaligus tanda perpisahan dari adik kelas VII dan VIII beserta pengurus OSIS kepada kakak kelas IX yang akan lanjut menempuh pendidikan mereka di jenjang SMA. Tangisan dan pelukan haru memenuhi aula lantai 4 SMP Santa Maria sepanjang video flashback itu berlangsung. Tangisan itu tambah pecah ketika ada perwakilan dari kakak kelas IX yaitu Andre Julian, Rossa, dan Charyn, yang memberikan pesan dan kesan. 

Tidak mau kalah dengan adik kelas, kakak kelas IX juga ikut menampilkan performance mereka berjudul “Mengejar Matahari”. Meskipun kegiatan Classmeeting ini ditutup dengan tangisan dan pelukan haru, namun seluruh rangkaian kegiatan classmeeting ini menjadi memori berharga yang akan dikenang selamanya untuk seluruh siswa/i SMP Santa Maria Surabaya.

 

Penulis : Rebecca Straccia, kelas 8D/25