News &
Updates

News Image

Share

OUR WORLD’S FUTURE LEADERS: WASPADA AKAN BAHAYA OCSEA!
11 Desember 2023

Surabaya, Kampus Ursulin - Sanmaris, Senin, 11 Desember 2023, Setelah pekan PAS/SAS, program sekolah akhir tahun adalah seminar dan workshop untuk masing-masing jenjang. Selama 3 hari berturut-turut, ketiga angkatan ini akan secara bergiliran mengikuti kegiatan workshop yang berbeda-beda. Ada kegiatan “One Heart for The Mother Earth” dari Duta Lingkungan, “Pencegahan Narkoba” oleh BNN, dan “Our World’s Future Leaders” dari UNICEF.

Nah, pada hari ini, siswa/i kelas 8, mengikuti kegiatan “Our World’s Future Leaders”. Kegiatan ini dirancang oleh Komunitas Konselor Sebaya bersama Komunitas Your Safe Space selaku komunitas yang bergerak dalam mencegah OCSEA. Kegiatan ini diawali dengan perkenalan narasumber sekaligus pembicara dari UNICEF dan PLATO yaitu Kak Ninis. 

Agar lebih semangat mengikuti materi, para siswa/i diajak untuk melakukan jingle 2P (Pelopor dan Pelapor). Saat menari, para siswa/i tampak jauh lebih semangat, sehingga dapat dipastikan saat materi pencegahan OCSEA bersama kak Ninis, mereka bisa mengikutinya dengan semangat dan juga fokus!

Di sesi materi bersama Kak Ninis, saya bisa mendalami tentang OCSEA. Meskipun, di bulan Agustus lalu Your Safe Space sudha mensosialisasikan tapi melalui workshop hari ini, saya bisa jauh lebih paham tentang bahaya, dampak, dan cara mencegah OCSEA. Saya sangat menyukai kegiatan hari ini karena teknis penjelasan dari Kak Ninis sangat seru dan menyenangkan. Maka dari itu, harapannya melalui sesi workshop kali ini, siswa/i SMP Santa Maria Surabaya bisa lebih mendalami dan berliterasi akan bahaya OCSEA dan siap menjadi pembaharu yang melakukan aksi nyata untuk menanggulangi OCSEA ini. Saya sendiri berkomitmen untuk tetap menjaga dan waspada terhadap diri saya sendiri. Tak lupa untuk, siap menjadi bahu sandaran bagi teman-teman yang membutuhkan!” ujar Michael 8B.

Yes! Benar sekali, sesi materi kak Ninis berlangsung dengan asik dan seru, karena siswa/i kelas 8 sangat aktif dalam menyampaikan pendapatnya. Selain itu, kegiatan hari ini dirancang sedemikian rupa sehingga konsep dari kegiatannya belajar sambil bermain. 

Terakhir, untuk menutup sesi workshop, teman-teman kelas 8 diajak untuk membuat mading tentang apa informasi-informasi yang didapat dari kegiatan workshop ini. Suasana selama pembuatan mading ini juga berlangsung seru dan juga penuh antusias!

“Aku sendiri merasa happy banget karena teman-teman kelas 8 sangat antusias banget dalam kegiatan hari ini. Temen-teman juga mau mendengarkan dan mau menjawab pertanyaan dengan penuh keaktifan. Menurut saya, materi yang disampaikan oleh Kak Ninis sendiri mudah sekali untuk dicerna dengan selingan ice breaking nya yang seru! Melalui workshop dan juga pembuatan mading ini, teman-teman kelas 8 diajak untuk mengexplore dan mengetahui lebih dalam tentang OCSEA! Saya berharap setelah workshop ini, siswa/i SMP Santa Maria Surabaya lebih aware dan waspada akan OCSEA sehingga tidak ada lagi tindakan yang dapat menyebabkan dampak negatif bagi korban nya seperti cyber bullying” ujar Jesselyn selaku Ketua Konselor Sebaya. 

SMP Santa Maria Surabaya? Siap Jaga Bareng Lawan OCSEA!!!

Yuk, bersama-sama jadi pelopor dan pelapor!

 

Penulis : Rebecca Straccia, Aktifis Pencegahan OCSEA