News &
Updates

News Image

Share

Mental Siap Melayani, Hantar Menjadi Duta Serviam
9 Mei 2023

Setelah menjalani serangkaian ujian akhir kelas 9, sekolah memberikan kesempatan untuk pengembangan diri. Pengembangan diri dalam bentuk pendidikan karakter sebagai pemberian bekal untuk peserta didik yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Kegiatan yang dipilih adalah rekoleksi.  Rekoleksi merupakan salah satu proses yang digunakan untuk mengetahui atau menggali masa lalu dari seseorang dengan cara melihat kembali masa lampau sesorang. Kegiatan rekoleksi untuk kelas 9 ini dibagi dua hari. Senin, 8 Mei 2023 untuk kelas 9A dan B, Selasa, 9 Mei 2023 untuk kelas 9C, 9D, dan 9E bertempat di aula lantai 4 dimulai pukul 07.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Selama sesi berjalan, peserta rekoleksi terlihat antusias dan senang dalam mengikuti setiap materi yang diberikan oleh Bro Diaz, narasumber yang kekinian dan piawai dalam mendesain. “Anak-anak luar biasa semangat dan antusiasnya selama saya memberikan materi. Materi bisa tersampaikan dengan baik dan dapat ditangkap dengan baik, “ kata Diaz, narasumber yang aktif dalam pendampingan kaum muda. Materi dikemas menarik mulai dari pengantar, games yang terkait langsung dengan materi, ilustrasi cerita yang mampu menghantarkan alur materi dapat peserta terima dengan mudah.

Kepala satuan pendidikan turut hadir dan memberikan pengantar dalam kegiatan rekoleksi ini. “Sebentar lagi anak-anak akan lulus dan melanjutkan ke jenjang berikutnya. Meskipun sudah lulus, nilai-nilai Serviam, enam nilai dasar pendidikan Ursulin harus anak-anak selalu terapkan di manapun berada,” kata Martha, saat memberi pesan ke peserta. Meskipun sudah lulus, namun masih terikat kontrak batin dengan semboyan Serviam dan Serviam ini harus terus dihidupi dengan menjadi Duta Serviam.

Saat berita ini ditulis, materinya adalah mental siap melayani. Materi ini mengajarkan ke peserta untuk siap melakukan apapun yang akan ditugaskan. Mental siap melayani diawali dari hati, kemudian diikuti pikiran, pikiran dan hati harus sinkron dan dilakukan dengan cepat dan tegas. Materi ini sangat penting bagi peserta yaitu untuk menyiapkan tugas yang akan dilaksanakan nantinya. “Materi yang disampaikan oleh narasumber sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi saya. Setelah mengikuti rekoleksi ini, saya siap menjadi Duta Serviam,” kata Shannon, siswa kelas 9C salah satu peserta rekoleksi. Menjadi Duta Serviam merupakan tugas perutusan yang harus dilakukan setelah lulus jenjang SMP dan tahap berikutnya dapat dimulai dari satu hari ke depan, satu minggu ke depan, satu bulan ke depan, satu tahun ke depan dengan melakukan hal-hal yang mencerminkan nilai-nilai Serviam. (bk)

 

Video kegiatan rekoleksi kelas 9, 8-9 Mei 2023

Foto kegiatan rekoleksi kelas 9, 8-9 Mei 2023