News &
Updates

News Image

Share

Menjadi Pribadi yang Berintegritas dalam Menjalankan Komitmen Seturut Semangat Santa Angela
1 September 2023

Rekoleksi bagi peserta didik merupakan agenda tahunan bagi kelas 7 dan 8. Untuk kelas 7 dilaksanakan Kamis, 31 Agustus 2023.  Tema yang diangkat setiap tahun berbeda-beda, pada tahun ini tema yang diusung adalah  “Menjadi Pribadi yang Berintegritas dalam Menjalankan Komitmen Seturut Semangat Santa Angela”. 

Rekoleksi kali ini dilaksanakan di Aula Lantai 4 Kampus Santa Maria Surabaya dengan berbagai kegiatan. Kegiatan pertama diawali dengan cerita pengalaman Santa Angela. Lalu siswa-siswa menggambar pohon dan menulis Pengalaman yang paling berkesan dengan keluarga. Pohon tersebut melambangkan keluarga mereka. Dan setiap akar dari pohon tersebut mempunyai makna yang berbeda. Setiap siswa menggambar pohonnya dengan sekreatif mungkin. 

Dari kegiatan rekoleksi ini, apa yang dapat pelajari dari santa angela? Dari rekoleksi ini peserta didik dapat belajar untuk menahan kegodaan. Santa Angela dulu diberikan 2 pilihan yaitu untuk menjadi gadis yang cantik di kota tersebut dan mengikuti gaya hidup orang-orang bangsawan atau mengikuti Tuhan Yesus. Santa Angela memilih Tuhan dari pada mengikuti pesta-pesta seperti yang lain. Ini adalah contoh bahwa pentingnya menahan atau menolak kegodaan. Seperti saat ini sebagai pribadi dapat menahan diri untuk tidak bermain game.

Pada akhir sesi siswa-siswa kelas 7 sharing pohon keluarga, komitmen pribadi, dan membicarakan Kembali mengenai keyakinan kelas yang sudah disusun  didampingi oleh wali kelas. Harapan dari kegiatan rekoleksi ini adalah mengajak siswa-siswi kelas 7 untuk menjadi pribadi yang memiliki integritas dalam menjalankan komitmen baik diri sendiri maupun bersama dengan kelompok. 

 

Penulis : Callysta Nathaniela Lucretia, siswi kelas 7B/04