News &
Updates

News Image

Share

Lomba Peneliti Pelajar Surabaya 2022 Dispendik Surabaya
11 Oktober 2022

Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 6-7 Oktober 2022 dan SMP SANTA MARIA mengirimkan dua tim yang meneliti di bidang sosial. Yang pertama ada tim dari Caroline Jovanka (8C) dan Darlene Iona (8B), tim ini meneliti tentang pergaulan remaja. Judul karya penelitiannya "Pengaruh Pergaulan Dalam Mencari Jati Diri Serta Dampaknya Terhadap Setiap Individu". Judul ini didasari oleh keprihatinan terhadap mudahnya anak-anak remaja terseret dalam arus pergaulan. Circle Pertemanan yg para remaja miliki ternyata berperan besar dalam membentuk karakter masing-masing. Maka dari itu setiap remaja harus berhati-hati dalam memilih circle pertemanan mereka.

Tim yang beranggotakan dua siswa kelas 9, Theresia Vennarossa (9C) dan Eleonora Yuvelin (9C), meneliti tentang interaksi sosial. Judul karya penelitiannya "Kesulitan Interaksi Sosial Bagi Para Remaja". Pemilihan topik ini didasari oleh rasa ingin tahu tentang interaksi sosial dalam anak-anak remaja. Ide penelitian ini muncul saat mengamati orang-orang yang mereka temui dalam sebuah acara workshop di mana orang-orang terasa begitu kaku saat berbicara dengan orang asing, khususnya para remaja.

Lewat penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada salahnya bagi kita untuk berani berinteraksi dengan orang yang baru kita temui karena dari pertemuan tersebut kita bisa belajar banyak hal baru dari sudut pandang yang selama ini tidak kita lihat. Namun pertama-tama kita harus mengatasi terlebih dahulu rasa nervous/takut saat bertemu dengan orang baru. Semakin banyak orang yg kita jumpai semakin dewasalah kita dalam proses berpikir dan membuat keputusan. (Caroline Jovanka 8C, Darlene Iona 8B, Theresia Vennarossa  9C, Eleonora Yuvelin 9C )