News &
Updates

News Image

Share

Kaderisasi OSIS, Kesempatan Peserta Didik Mengembangkan Diri Dalam Hal Kepemimpinan
9 September 2024

Kampus Ursulin Surabaya - Sabtu (7/9/2024) para calon pengurus OSIS periode 2025/2026 kembali berkumpul di sekolah untuk mengikuti rangkaian kegiatan kaderisasi. Kegiatan ini diawali dengan upacara pembuka, yang bertugas dalam upacara ini adalah para peserta kaderisasi.  Dalam upacara ini, Pak Kris, selaku pembina upacara mengingatkan kembali tentang apa itu kaderisasi dan apa yang harus dilakukan ketika nanti sudah menjadi pengurus OSIS. Setelah upacara selesai, para peserta mempresentasikan mading tentang isu sosial yang sudah mereka buat di depan pendamping kelompok mereka. Lalu para peserta juga mencoba menjadi panitia sebuah program melalui sebuah kegiatan di mana mereka harus membuat sebuah game dari 2 barang yang sudah disiapkan oleh panitia. Dalam kegiatan inilah para peserta dituntut untuk berpikir sekreatif mungkin untuk menciptakan sebuah game dan bersikap profesional saat melaksanakan sebuah program.
Di pertengahan kegiatan, 3 alumni pengurus OSIS periode 2023/2024, Kristo, Anggi, dan Chaelsi hadir untuk melihat kegiatan kaderisasi dan tak lupa memberikan pesan-pesan kepada para peserta kaderisasi. Setelah itu, para peserta diajak untuk mendiskusikan sebuah masalah dan mencari solusinya di dalam sebuah kelompok. Mereka juga diajak untuk mencari potongan-potongan puzzle yang telah disembunyikan di sekitar area sekolah dan menyusunnya. Dari game tersebut, para peserta diharuskan untuk teliti dan kompak dengan kelompoknya agar dapat menemukan dan menyelesaikan puzzle tersebut. Kegiatan kaderisasi ini dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir dan ditutup dengan ibadah penutup.
“Perasaan saya selama kaderisasi kemarin adalah senang karena saya dapat mengikuti acara kaderisasi dari awal hingga akhir acara. Perasaan saya juga sedikit deg-degan saat menunggu waktunya  wawancara. Yang saya dapat dari acara kaderisasi kemarin adalah pentingnya untuk berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim dengan baik, sehingga dapat mencapai tujuan bersama dengan baik.” kata Thevi dari kelas 7C, salah satu peserta kaderisasi. Dari semua peserta kaderisasi, nantinya akan dipilih 35 anak yang akan mengikuti proses LDKS dan menduduki kepengurusan OSIS periode mendatang. Semoga kaderisasi ini dapat mempersiapkan dan membangun para peserta yang akan dipilih sehingga siap untuk menjadi pengurus OSIS di periode selanjutnya.
 

Penulis : Priscilla Zenny Putri, 8C-26