News &
Updates

News Image

Share

Jurnalistik yang Menggelitik
29 April 2023

Antusias Guru dan TU SMP Santa Maria patut di acungi jempol dalam workshop jurnalistik bertajuk Menulis Berita di Media Online. Pelatihan yang diprakarsai oleh Yayasan Paratha Bhakti selaku pengelola SMP Santa Maria pada hari Sabtu, 29 April 2023 di Aula TK Santa Maria. Pelatihan di ikuti oleh 31 peserta tersebut sangat menarik dikemas dengan apik dan beberapa kuis menarik oleh narasumber FX. Rudy Prasetya, S. S, M. Med. Kom yang sudah tidak asing lagi, selain sebagai pengajar SMA Santa Maria yang mempunyai segudang prestasi  beliau juga menjadi dosen di beberapa Universitas ternama di Kota Surabaya.

 

Seperti kita ketahui bersama media online sangat banyak manfaatnya jika di pakai sebagai sarana yang positif misalnya media pembelajaran dan promosi. Diharapkan setelah workshop para peserta dapat menulis artikel di media online khususnya web sekolah ataupun pribadi. Dengan demikian para peserta trampil menulis dengan kaidah – kaidah penulisan yang benar sesuai aturan jurnalistik, menarik dan berbobot. “Jangan sekali – kali berani di media online, jika anda tidak konsisten karena akan ditinggal oleh para pembaca atau folower, karena pembaca tidak ada yang setia” pesan Pras.

 

Selain teori peserta langsung diberi tugas untuk praktek menulis langsung dan di koreksi oleh nara sumber sehingga para peserta bisa lebih memahami kualitas berita yang dibuatnya. Banyak keuntungan – keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita piawai dalam menulis di media online. Tidak sedikit orang yang sudah meraup keuntungan melalui media – media online seperti menjadi bloger, jurnalis dan sebagainya.

 

Selain kecepatannya dalam menyampaikan berita media online juga sangat luas jangkaunnya dalam waktu yang relatif singkat dan mudah, sepertinya dunia hanya dalam satu sentuhan jari. Maka sangatlah penting menguasi teknik – teknik menulis di media online saat ini supaya menarik, berbobot sehingga menjadikan pembaca kita dapat dengan mudah mengerti apa yang kita sampakan melalui tulisan – tulisan kita, tidak membosankan.

 

Komunikasi  dua arah juga di dapatkan dari media online yang tidak di dapatkan di media cetak, dengan adanya kolom – kolom komentar dari para pembaca yang sudah membaca tulisan – tulisan kita akan sangat membantu menjadi bahan koreksi ataupun masukan – masukan yang bermanfaat bagi kita. Walaupun tidak menutup kemungkinan komentar – komentar tersebut juga negatif, akan tetapi sebagai penulis juga harus terbuka menerima kritik dan saran demi perbaikan tulisan kita.

 

Di akhir workshop Pras panggilan akrab narasumber berpesan agar selalu berlatih dan berlatih dan tidak lupa untuk belajar dan selalu belajar dari berbagai sumber sehingga memperluas wawasan sebagai penulis.

 

Penulis : FX. Ngadina (Tenaga Kependidikan)