News &
Updates

News Image

Share

“Jurnalisme Era Digital, Beretika dan Faktual”
14 Desember 2023

Kampus Ursulin Surabaya - Kamis, 14 Desember 2023—Di era informasi digital, sering terjadi distorsi berita yang rancu bagi pembacanya. Penting bagi generasi muda untuk mengasah kemampuan jurnalistik yang informatif dan obyektif. Di Ruang Dezensano, 20 siswa SMP Santa Maria dari kelas 7, 8, perwakilan organisasi dan komunitas berkumpul mengikuti kegiatan Workshop Jurnalistik  bertemakan “Good News, Good Publication” dengan mengundang pemateri Immaculata Giannella Surya (Kak Nella).

Sebelum memasuki materi, Kak Nella mengajak semua siswa untuk bermain Bos Berkata. Permainan ini melatih konsentrasi para siswa dan menjadi pemanasan otak sebelum memperoleh materi. Ternyata, di balik permainan ini ada etika jurnalisme yang tersembunyi. Permainan ini mengajarkan pentingnya memiliki pendirian sebagai seorang jurnalis, agar obyektivitas berita yang ditulis tidak mudah dipengaruhi opini orang lain. Seorang jurnalis harus yakin dengan beritanya, tentunya didukung data yang benar dan faktual.

Kegiatan dilanjut dengan penyampaian materi oleh Kak Nella mengenai prinsip-prinsip dan etika media online, yang memperhatikan rentang perhatian audiens online dan tata bahasa yang adaptif. Para siswa juga diajarkan perbedaan soft news dan hard news, hingga tata cara penulisannya. Kak Nella memberikan panduan praktis bagi para siswa untuk meningkatkan kualitas kemampuan menulis, baik secara daring maupun luring. Selama kegiatan workshop, para siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan dari pemateri. Mereka juga diberi ruang untuk mengasah kemampuan jurnalistik dalam praktek menulis feature. Setiap siswa menulis karyanya sendiri berdasarkan materi yang sudah disampaikan oleh Kak Nella. Kegiatan ini juga melatih siswa untuk berpikir kritis dan analitis dalam membuat berita. Sehingga dapat menciptakan karya tulis yang bukan hanya menarik, tetapi akurat dan beretika. 

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga mendorong para siswa untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pengumpulan dan penyajian berita. Dengan ini, para siswa dipersiapkan untuk menghadapi tantangan dunia jurnalistik yang terus berkembang di era digital ini. Harapannya, siswa-siswi SMP Santa Maria Surabaya tidak hanya menjadi konsumen pasif terhadap informasi yang ada di sekitarnya, melainkan bisa menganalisis dan menyajikan peristiwa di sekitar mereka dengan baik. Workshop ini menjadi langkah awal terciptanya calon jurnalis yang berprinsip, jujur dan berintegritas di era digital.

Penulis: Chantal 8B/06