News &
Updates

News Image

Share

Ibadat Awal Masa Prapaskah 2023
25 Februari 2023

Kegiatan Prapaskah 2023 telah dimulai pada tanggal 22 Februari 2023. Para guru dan siswa-siswi SMP Santa Maria Surabaya mengikuti kegiatan Rabu Abu yang ditandai dengan penerimaan abu, di paroki masing-masing bagi yang beragama Katolik. 
Sebagai rangkaian kegiatan Prapaskah berikutnya, hari ini Keluarga Besar SMP Santa Maria Surabaya mengadakan ibadat APP yang mengambil tema besar "Bertumbuh di Nazareth". Dari tema umum tersebut, Gereja Katolik Keuskupan Surabaya mengajak para remaja bersama keluarga menghidupi nilai-nilai Sakramen Gereja". 
Dari Ketujuh sakramen yang ada, pada kesempatan ini, Sr.Yuli, OSU yang memandu pelaksanaan ibadat kali ini mengambil sub tema Sakramen Ekaristi. Dalam permenungan yang dibawakan, memberikan pesan mendasar tentang Yesus Sang Roti Hidup yang telah memberikan Diri-Nya yang terbaik bagi umat manusia, yaitu menebus dosa manusia. Ajakan  yang sama untuk kita semua memberikan diri juga bagi keselamatan jiwa-jiwa. Dengan demikian, kita diharapkan menjadi saluran rahmat dan berkat dari Allah bagi sesama. Dalam kesempatan ibadat pembuka ini, tokoh suci yang menjadi inspirasi bagi kita semua adalah Carlo Acutis, yang diangkat oleh Paus sebagai orang suci karena penghormatan kebaktiannya kepada ekaristi dan juga pemberian dirinya melalui talenta di bidang IT untuk mewartakan kesaksian mukjizat ekaristi.
Pada akhir ibadat, 3 tuntunan refleksi diberikan sehubungan niat masing-masing pribadi yang akan diwujudkan untuk menjadi tanda saluran rahmat Allah bagi keluarga, bagi sekolah, dan bagi gereja/agama yang dianut. Selain menjawab tuntunan refleksi tersebut, para guru dan juga siswa-siswi, mulai hari ini melaksanakan karya amal dengan mengisi kotak APP yang telah disiapkan oleh Tim Pastoral tiap kelas.
Kotak tersebut menjadi wujud nyata gerakan bersama pengumpulan dana sebagai penyisihan dana wujud pantang dan puasa kita. 
Semoga pada akhir masa Prapaskah nanti, dana yang terkumpul dapat sungguh menjadi berkat bagi sesama yang lemah, miskin, tersingkir, dan menderita.
Selamat memasuki masa Prapaskah 2023. Tuhan memberkati.? (Sr. Yuliana Margareta, OSU)