News &
Updates

News Image

Share

Hari Pertama Sekolah, Peserta Didik Baru Tidak Kaget Lingkungan Berubah
18 Juli 2023

Hari ini hari pertamaku, hari pertama ke sekolah, Senangnya hatiku diantar ayah ibu, pergi berangkat ke sekolah,  Senangnya hatiku bertemu teman baru guru baru tentulah ramah, Ayo ke sekolah, ayo ke sekolah…

Lagu hari pertama masuk sekolah ini diputar di pada saat pembukaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), Sabtu (15/07/2023). Seluruh peserta didik baru kelas VII beserta orang tua hadir dalam acara ini. “Selamat datang dan selamat bergabung menjadi keluarga besar SMP Santa Maria,” ungkap Bu Martha, dalam sapaan awal pada sambutannya. Acara pembukaan berlangsung dalam suasana hangat dan akrab. Orang tua dan anak lagsung akrab satu sama lain meskipun dari berbagai macam SD yang ada di Surabaya, maupun luar Surabaya. Salah satu perwakilan orang tua, Mama Priscilla Zenny Putri kelas 7B, secara resmi menyerahkan putra-putrinya kepada sekolah.

Secara khusus, pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah ini bersamaan dengan pertemuan orang tua peserta didik tahun pelajaran 2023/2024. Dalam pertemuan tersebut, pihak sekolah menyampaikan hal-hal yang menyangkut kegiatan dan kebutuhan peserta didik. Ibu Martha sebagai Kepala Satuan Pendidikan menyampaikan materinya tentang spirit Santa Angela dan renstra sekolah. Terkait dengan pelaksanaan kurikulum disampaikan oleh Ibu Maria Kristina Widyasrini, S. Pd. sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Kemudian penyampaian materi berikutnya adalah bidang kesiswaan yang disampaikan oleh Bapak Ignatius Heri Kristiono, S. Pd. sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan tentang seputar tata tertib sekolah dan keyakinan kelas. Materi terakhir dalam pertemuan ini adalah bidang kehumasan yang disampaikan oleh Bapak Ignatius Suhari, S. Pd. yang berisi tentang hubungan antara pihak sekolah dengan orang tua dan masyarakat lainnya.

Pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah ini diharapkan peserta didik mengenal lingkungan, teman dan guru yang baru. Perlu adaptasi terhadap lingkungan yang baru supaya nyaman pada saat mengikuti proses pembelajaran. Orang tua tentunya tidak kuwatir jika anaknya sudah kerasan di sekolah yang baru. Dengan kegiatan pertemuan orang tua ini diharapkan ada kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua dalam mendampingi putra-putrinya.