News &
Updates

News Image

Share

Hari Kunjungan Perpustakaan, Literasi Menjadi Menyenangkan
19 September 2023

Surabaya, Kampus Ursulin-Sanmaris, Jumat, 15 September perpustakaan SMP Santa Maria Surabaya mendapat kunjungan dari adik adik SD santa Maria Surabaya pada  jam 07.30 s.d. 08.30 WIB. Kunjungan adik adik SD Santa Maria ini juga untuk memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan yang bertepatan pada hari kamis 14 September 2023.

Adik-Adik SD Santa Maria yang berjumlah 62 siswa, terdiri dari siswa kelas 3 dan ditemani empat orang guru pembimbing dan berkeinginan untuk belajar tentang perpustakaan.

Pukul 07.30 WIB  rombongan sudah sampai di perpustakaan dan dengan tertib masuk ke perpustakaan. Rombongan  disambut langsung oleh kakak-kakak  Duta Literasi dengan didampingi pustakawan senior Ibu Tanti  dan Ibu Nia. Kegiatan kunjungan perputakaan ini diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Kak Adam  dan Kak Leon dari Duta Literasi kemudian doa pembukaan oleh Kak Adam kemudian dilanjutkan perkenalan kakak – kakak Duta Literasi kepada adik-adiknya, setelah itu dilanjutkan  penyampaian materi tentang pengenalan perpustakaan disajikan langsung oleh salah satu kakak Duta Literasi  yaitu Kak  Almira dan para siswa memperhatikan dengan saksama setiap penjelasan yang ditampilkan melalui  tayangan slide

Selain diberi materi tentang perpustakaan, adik-adik SD Santa Maria Surabaya, juga diberi story telling cerita rakyat dengan judul Asal-Usul Selat Bali oleh kakak kakak Duta Literasi yang diperankan oleh Kak Keny, Angel, Abel, Eda dan Joan. Mereka sangat antusias mendengarkan cerita dari kakak-kakaknya. Di akhir cerita kakak-kakak Duta literasi memberikan games tentang cerita rakyat tersebut,  bahkan pada sesi tanya jawab dan tidak sedikit siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.

Sebelum mengakhiri kegiatan, Ibu Anita, guru pendamping adik-adik SD Santa Maria Surabaya menyampaikan ucapan terima kasih karena telah diberi kesempatan berkunjung ke perpustakaan SMP Santa Maria dan juga di beri materi tentang perpustakaan oleh kakak-kakak Duta Literasi yang sangat bermanfaat apalagi juga ditambah dengan adanya cerita rakyat tentang Asal-Usul Selat Bali yang sangat menarik.

Dari SMP Santa Maria yang diwakili oleh Ibu Nia menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari adik-adik SD Santa Maria ke perpustakaan SMP Santa Maria Surabaya dan harapannya semoga kegiatan ini dapat terus berjalan ke depannya. Kegiatan ini diakhiri dengan doa penutup oleh Kak Aifer. 

 

Penulis: Tanti, Pustakawan