News &
Updates

News Image

Share

Hari Kesaktian Pancasila, Refleksi Untuk Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Peserta Didik
3 Oktober 2024

Kampus Ursulin Surabaya - Selasa(1/10/2024) merupakan Hari Kesaktian Pancasila, yang merupakan hari nasional di Indonesia.  Peristiwa bersejarah ini merupakan peristiwa menyedihkan, di mana putra-putra terbaik menjadi korban penculikan dan pembunuhan, yakni Letjen. Ahmad Yani, Mayjen. R. Soeprapto, Mayjen. Harjono, Mayjen. S. Parman, Brigjen. D. I. Panjaitan dan Brigjen Sutoyo, serta satu perwira yakni Lettu Pierre Tendean. Seluruh jendral dimasukkan ke dalam lubang di kawasan Pondok Gede, Jakarta.

Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan tadi, maka setiap tanggal 1 Oktober diadakan upacara bendera. Pada tanggal 1 Oktober 2024 ini, Ibu Kepala Sekolah, Suster dan Bapak/Ibu guru, serta seluruh siswa kelas 7 mengikuti upacara bendera dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila. Petugas upacara tersebut adalah siswa-siswi dari kelas 7D. Upacara tersebut dapat berlangsung secara lancar dan tertib.

Melalui kegiatan upacara ini, saya sebagai salah satu petugas upacara tersebut, merasa bangga dapat menjadi petugas pada hari nasional ini. Sebagai seorang pelajar, kita sebaiknya meneladani pahlawan-pahlawan yang gugur berjuang untuk tanah air tercinta kita, Indonesia. Dengan cara rajin belajar, terus menerus meraih cita-cita dan memiliki sikap nasionalisme.

Penulis: Belva, kelas 7D-4