News &
Updates

News Image

Share

Guru adalah Jembatan Penghubung Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa Depan
23 Desember 2023

Kampus Ursulin Surabaya – Kamis (21/12/2023) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Mandala mengadakan acara seminar “Audiensi Reflektif Mahasiswa” di Auditorium Hall Kampus Kalijudan. Seminar tersebut dihadiri oleh para mahasiswa FKIP Bidang studi Bahasa Inggris, Fisika dan PAUD. Salah satu narasumber adalah Mr. Bernard Rizky Noweng Guru Bahasa Inggris SMP Santa Maria Surabaya.

Berikut pengalaman saya saat menjadi narasumber :

‘Guru adalah penghubung masa lalu, masa kini, dan masa depan’. – Anita Lie. Itulah kata-kata yang selalu saya ingat, selama menempuh pendidikan di FKIP Universitas Katholik Widya Mandala. Guru adalah jembatan penghubung yang akan membawa para siswa di masa ini menuju masa depan depan yang lebih baik. Para siswa yang ada di ruang kelas adalah masyarakat masa depan oleh sebab itu peran guru sangatlah vital dalam membentuk Indonesia yang lebih baik. Namun saat ini tidak banyak generasi muda yang tertarik untuk menjadi guru.
Saya sebagai alumnus dengan senang hati bersedia datang dan berbagi pengalaman selama menjadi guru dan memberikan beragam saran kepada para peserta. Para mahasiswa yang hadir terlihat antusias dan tidak malu untuk berbagi pengalaman mereka selama magang di sekolah-sekolah yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Saya bisa merasakan apa yang mereka alami, sehingga bisa memberikan motivasi, masukan, saran-saran yang bermanfaat terkait manajemen kelas, metode pembelajaran, personal touch kepada siswa, dan Kurikulum Merdeka. Semoga apa yang saya sharingkan dapat memberi manfaat, menginspirasi, serta memotivasi para mahasiswa untuk menjadi guru yang memiliki tugas mulia yaitu menghubungkan masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Penulis : Mr. Bernard Rizky Noweng, Narasumber Audiensi Reflektif Mahasiswa.