News &
Updates

News Image

Share

Generasi Muda Pewaris Nilai Perjuangan Para Pahlawan
23 November 2023

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmaris, Jumat, 10 November 2023 unit SD, SMP dan SMA Santa Maria Surabaya melaksanakan upacara bersama dalam rangka memperingati hari Pahlawan. Upacara dilaksanakan di Lapangan  Tumapel mulai pukul 07.15 s.d. 08.00 WIB. Hari pahlawan ini mengingatkan kembali peristiwa penting perjuangan arek-arek Suroboyo dalam berperang melawan penjajah. Dengan tekad membara dan modal senjata bambu runcing, rakyat Surabaya gagah berani berperang melawan penjajah dengan senjata yang lebih lengkap.

Dengan memperingati hari Pahlawan tahun 2023 ini kita diajak untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan, kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia.

Yang unik dari upacara ini adalah pembacaan pesan-pesan atau kata-kata mutiara dari Pahlawan Nasional. Sepuluh pesan Pahlawan Nasional ini di bacakan oleh siswa/siswi SMP dengan busana yang menggambarkan tokoh-tokoh Pahlawan. Pesan-pesan Pahlawan memberikan energi yang dapat menyadarkan generasi muda akan tanggung jawabnya dimasa depan.  “Sebagai generasi muda diharapkan dapat meneruskan perjuangan pahlawan dengan cara mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal yang positif, “ ajak Marselina Lilies Dwi, Wakasek Kesiswaan unit SMA pada saat memberikan amanatnya.

Setelah upacara selesai, tepat pukul 08.15 dilakukan hening cipta selama 1 menit. Hening cipta ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari Pahlawan. Seluruh peserta didik, tenaga pendidik, tenaga penunjang bersama-sama berdiri dan menundukan kepala selama sirine berbunyi. 

Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari bersejarah ini, panitia membuat lomba fashion show dan menggambar. Lomba fashion show ini di gelar di aula lantai 4 dan untuk lomba menggambar dilakukan di dalam kelas masing-masing. Peserta didik sangat antusias saat mengikuti lomba ini. Persiapan peserta lomba matang, sehingga setiap penampilan peserta fashion show membuat penonton sorak sorai. Dari kegiatan ini, diharapkan peserta didik mampu mendapatkan nilai-nilai daya juang, rela berkorban, dan keberanian yang dapat terus dihidupi dalam dirinya. (bk)

 

Foto-foto :

 

 

Video :