News &
Updates

News Image

Share

Gelar Karya P5, Orang Tua Turut Hadir dan Memberi Support
16 Juni 2023

Acara gelar karya P5 tahun pelajaran 2022/2023 dan penerimaan rapor dilaksanakan pada Jumat, 16 Juni 2023. Di acara ini peserta didik mendapatkan banyak hal. “Kita harus bisa merawat pohon anggur artinya kita harus bisa merawat apa yang kita miliki dan kita harus bisa berkembang, “ kata Bu Martha, KSP SMP Santa Maria saat memberikan sambutannya. Ibu Martha memberikan contoh bagaimana menjadi seorang pemimpin, misalnya MC yang mau maju ke panggung untuk memimpin acara selalu diberikan support. “Saat menjadi MC selama 3 sesi, saya merasa enjo. Saya mendapat banyak nilai hidup saat menjadi MC, yaitu keberanian, koordinasi, dan kekompakan. Saya berusaha untuk semaksimal mungkin agar bisa menjadi yang terbaik dan bisa membanggakan guru-guru yang telah mempercayai saya, “ kata Agnes, MC pada acara gelar karya.

P5 atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Nilai yang dapat diambil dari kegiatan P5 adalah kreatif, gotong royong, keberanian, dan mandiri. P5 tahap ke-1 berkaitan dengan “Bangunlah Jiwa dan Raganya” yang bertujuan mengajak peserta didik untuk menjaga kesehatan tubuh dengan kegiatan membuat makanan sesuai kalori yang dibutuhkan. P5 tahap ke-2 berkaitan dengan “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan tujuan peserta didik harus menjaga lingkungan sekitar untuk bumi tetap sehat dengan cara mengolah sampah menjadi barang yang bisa digunakan. P5 tahap ke-3 berkaitan dengan “Kearifan Lokal” yang bertujuan peserta didik harus bisa menjaga kebudayaan Indonesia dengan kita mempelajari budaya Indonesia. 

Pada saat acara gelar karya berlangsung disajikan 6 tampilan hasil karya tarian peserta didik kelas 7 dengan berbagai  kreasi yang keren. Selain itu, juga dibuka stan-stan P5 tahap ke-1 dan ke-3 untuk memamerkan produk hasil kerja yang dihasilkan. “Semua hasil gelar karya P5 kelas 7 sangat bagus dan kreatif. Saya yakin saat kelas 8 semuanya akan lebih berkembang dan lebih baik lagi. Saya sangat senang karena semua acara hari ini berjalan dengan baik, lancar, dan hasilnya sesuai yang kita bayangkan. Saya harap semuanya bisa menjadi lebih baik dan lebih lancar dan kedepannya bisa lebih berkembang, “ ungkap Agnes, salah satu siswi kelas 7E.

 

Penulis : Agnes Nathania Widodo kelas 7E/01

 

Foto-foto dari Leon SPC, Fefe SPC