News &
Updates

News Image

Share

Duta Literasi Timba Ilmu di Perpustakaan Umum Surabaya
1 Juni 2023

Rabu, 31 Mei 2023, Duta Literasi SMP Santa Maria Surabaya  melakukan kunjungan ke Perpustakaan Umum Kota Surabaya yang berlokasi di Jl. Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Kunjungan yang dimulai dari pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB oleh Duta Literasi yang beranggotakan Fernando See, Queeneta Archiela, Maximilliano Matthew, Alexandra Joan, Eda Trygve, Aurelia Felita, Monica Hartono, Daniel Christian Tono, Regina Shannon, dan Vania Petrina P., diterima dengan baik oleh petugas perpustakaan. 

Kegiatan kunjungan diawali dengan perkenalan petugas yang ada Perpustakaan Umum Kota Surabaya dan pembagian kartu anggota perpustakaan. Setelah itu, dijelaskan pula mengenai jam operasional, tata cara berkunjung ke perpustakaan, pengklasifikasian buku untuk mempermudah menemukan buku apa yang akan dibacanya, dan penomoran buku sesuai dengan jenis buku di perpustakaan.

 ”Perpustakaan ini diresmikan oleh walikota Surabaya yaitu Tri Risma Harini sebagai ruang publik bagi masyarakat kota Surabaya untuk mengembangkan literasi menuju Surabaya sebagai kota literasi “ kata Luki  selaku pemandu kegiatan wisata buku di awal kegiatan. Sejarah awal berdirinya perpustakaan umum kota surabaya dan sejarah komplek balai pemuda diceritakan agar anak-anak mengenal sejarah. “ Ada bermacam-macam ruangan di perpustakaan ini dan juga  fasilitas-fasilitas saja yang ada di Perpustakaan Umum Kota Surabaya seperti English Learning Corner, Korean Corner, dan Dyslexia Corner. Jadi yang suka Korea, bisa di Korean Corner, English ya di English Corner, kalau yang anak kurang bisa membaca huruf bisa di Dyslexia Corner,” jelas Kak Kiki, salah satu petugas dari perpustakaan.

Keistimewaan perpustakaan Kota Surabaya adalah mempunyai fasilitas untuk anak disleksia Koleksi buku diperpustakaan ini sangat lengkap, salah satunya koleksi buku tentang dongeng. Dalam kesempapatan ini sepuluh Duta Literasi diajarkan pula bagaimana cara memilih buku yang cocok untuk mendongeng dan bagaimana cara-cara mendongeng. Ada dua anggota Duta Literasi yang berani untuk praktik mendongeng dan mendapatkan apresiasi dalam bentuk hadiah buku.

Di penghujung rangkaian kunjungan, Duta literasi diminta untuk membuat literasi hal-hal apa saja yang mereka dapatkan selama berada di Perpustakaan Umum Surabaya. “Saya senang mengikuti kegiatan ini dan banyak ilmu yang saya dapatkan dalam kegiatan ini, salah satunya saya paham dengan klasifikasi buku dan mendapatkan ilmu bagaimana cara mendongeng, “ ungkap Vania, salah satu anggota duta literasi. Selain itu, peserta menjadi lebih  mengenal fasilitas yang dimiliki oleh pemerintah kota Surabaya. Di usianya yang ke-730 ini kota ini memberikan dan terus mengembangkan sarana dan fasilitas ruang publik untuk kesejahteraan warga kota Surabaya.

 

Penulis : Ibu Anania dan Ibu Tanti, Staf Perpustakaan.

 

Video kegiatan kunjungan :

 

Foto-foto di Perpustakaan Umum Surabaya (bk)