News &
Updates

News Image

Share

dr. Ivana: Karakter dan Kepribadianku Terbentuk di Sanmar
31 Oktober 2023

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmaris, disadari atau tidak, banyak Ikatan Alumnus (Ilumnus) Santa Maria-Santo Yusup yang telah berprestasi dan sukses dalam karier. Ada yang menjalani profesi sebagai guru, dosen, pengusaha, dokter, penyiar radio, presenter Tv, Mc/Host, trainer, entrepreneur, pengacara, fotografer, kontraktor, dan lain-lain. 

Nah, dari ribuan bahkan jutaan Ilumnus tersebut, kali ini redaksi menyajikan liputan eksklusif seorang Ilumnus Sanmar (dr. Ivana Beatrice Alberta) yang saat ini menjalani profesi sebagai seorang dokter dan merupakan salah satu Pengurus Ilumnus Santa Maria-Santo Yusup, Periode 2023-2026. Bagaimana sosok dan kiprahnya? Cek liputan istimewanya yang dituangkan dalam rubrik "Alumni Inspirasiku" pada halaman ini ya....  

Siapa nama lengkap dan apa profesi Anda saat ini? Baik, nama lengkap saya, dr. Ivana Beatrice Alberta. Biasa disapa Ivana. Saya berprofesi sebagai dokter umum. Saya merupakan alumni SD Sanmar Sidoarjo, lulus 2008 dan alumni SMP Sanmar Surabaya, lulus 2011.

Dimana Anda menjalani profesi kerja saat ini? Di sebuah klinik umum di Surabaya.

Bisa diceritakan saat bersekolah di Sanmar dulu? Adakah pengalaman menarik?

Mmm...bersekolah di Sanmar ini, sejujurnya ceritanya sangat banyak. baik, saya ceritakan 2 pengalaman paling menarik. Pertama, saat di SD Sanmar Sidoarjo. Saya ingat setiap hari Senin, ada menu wajib yang harus dibawa. Misalnya, wortel, brokoli, dll. Meskipun kesannya seperti diminta "paksaan," tapi dibaliknya ada unsur kebaikan. Oleh karena membuat anak-anak menjadi terbiasa dengan makan sayur sebagai bentuk care pada diri sendiri. Selain itu, ada unsur kedisiplinan dan taat akan peraturan. 

Nah, saat SMP saya ingat karena saya memilih pelajaran Tata Boga. Setelah acara masak-masak, saya dan teman-teman (Tata Boga juga) kembali ke kelas dan selalu bagi-bagi dengan teman-teman sekelas hasil masakan. Mau enak atau tidak, teman-teman tetap senang dan menikmati makanan kami. Nilai kebersamaan itulah yang saya ingat dan melekat sampai sekarang.

Mengapa dulu memilih bersekolah di Sanmar?

Begini...karena Sanmar telah tepercaya kualitas lulusannya. Penanaman nilai agama, kedisiplinan, tanggung jawab dari sekolah sudah tidak diragukan lagi. Akreditasi unggulan dan selalu bertahan. Guru-gurunya berkualitas dan bertanggung jawab. Lingkungannya mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan pribadi dan akademis. 

Adakah prestasi yang pernah didapat saat di Sanmar dulu?

Nilai akhir UNAS dan Ujian Praktik (Uprak) meraih Juara 3 serta meraih juara 3 pada kompetisi koran selembar hasil kerjasama dengan harian Kompas.

Apa yang selalu terkesan dengan Sanmar?

Sejujurnya semuanya terkesan. Semua yang dari Sanmar meninggalkan kesan dan memori baik. Iya... tentang guru-gurunya, kegiatan belajarnya, ekstrakurikulernya, kantin, taman halaman, dll. Kesan baik inilah yang juga memenuhi harapan saya dan ortu saat menyekolahkan saya di Sanmar. 

Siapa guru paling favorit Anda? Berikan alasan?

Semua guru memiliki ciri mengajar yang khas dan masing-masing memiliki cara "membimbing" sendiri-sendiri. Sebut saja, ada Pak Kris (Matematika), Ibu Detha (bahasa Indonesia), Ibu Retha (Biologi), Ibu Martha, dan Pak Hari wali kelas saya. Sewaktu di Sidoarjo pun, saya mengenal guru-guru dengan baik. Paling favorit Ibu Laurencia Agustina. Wali kelas saya waktu SD. Oleh karena, dulu saya angkatan pertama di SD Sanmar Sidoarjo. Hubungan saya dengan beliau cukup dekat. Beliau sudah seperti ibu saya yang kedua di sekolah.

Bagaimana Sanmar membentuk karakter dan kepribadian diri Anda?

Sanmar sangat membentuk karakter dan kepribadian saya. Semua ke arah yang lebih baik. Masa TK-SD-SMP secara medis adalah masa-masa ketika karakter dan kepribadian seseorang dibentuk. Lebih dari usia itu, sangat sulit mengubah karakter dan membentuk kepribadian baru. Oleh karena, masa SD-SMP ini sangat krusial bagi perkembangan karakter seseorang. Sanmar telah terbukti dapat menjadi "kawah candradimuka" seorang pribadi dan membentuk kepribadian yang baik dan berguna di masyarakat melalui nilai-nilai SERVIAM. Nilai kebaikan yang universal plus melalui kedisplinan (waktu, jadwal, tugas), juga ada ajaran kejujuran (tentang mencontek, kantin kejujuran). Selain itu, lingkungannya pun mendukung untuk anak bertumbuh baik.

Adakah pesan yang ingin disampaikan untuk adik-adik kelas di Sanmar?

Pertama dan utama belajarlah dengan rajin dan seoptimal mungkin. Memang belajar itu (tidak bisa dipungkiri) dapat membosankan. Namun, kalian tidak akan dan tidak bisa mengulang masa ini. Isilah pikiran dengan segala hal yang berguna untuk masa depan. Selain itu, jangan lupa bekali soft skill kalian seperti aktif berorganisasi, bersosialisasi, ikut lomba, dll. Jangan sampai dirimu yang dewasa nanti menyesal karena dahulu menyia-nyiakan waktu yang seharusnya untuk belajar. Ingat, dunia dan masa depan ada di tangan kalian. Selalu tanamkan nilai-nilai SERVIAM dalam hati dan buatlah almamater bangga denganmu. Baik kini maupun nanti. Semangat! (dya)