News &
Updates

News Image

Share

COLLABORATE TOGETHER FOR THE MOTHER EARTH : Kolaborasi pertama Duta Lingkungan Santa Maria Surabaya dan Sidoarjo
20 Maret 2024

Kampus Ursulin Surabaya - Jumat (15/03/24), kolaborasi Komunitas Dulink Surabaya dan Sidoarjo dilaksanakan di SMP Santa Maria 2 Sidoarjo untuk pertama kalinya. Kegiatan ini bertujuan agar kedua komunitas dapat membangun rasa persaudaraan antar satu dengan lain khususnya karena kedua komunitas ini mempunyai visi dan tujuan yang sama. “Saya harap dari kegiatan ini anggota Dulink Sidoarjo dapat menjalin kerjasama yang baik dengan Dulink Surabaya dan mendapat ilmu yang bermanfaat dalam membangun komunitas serta membentuk jiwa kepemimpinan peserta”, ujar Rikardus Pancir, S.Si, pembina Dulink Sidoarjo.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah Santa Maria 2 Sidoarjo yang memberi semangat bagi peserta dan kemudian dilanjutkan dengan mempelajari bersama materi Pachamama dari Dulink Surabaya agar para anggota dari kampus Sidoarjo lebih memahami dan mengenal Ibu Bumi. Setelahnya para peserta bermain outbound  untuk melatih semangat persatuan dan kerjasama dalam kelompok.


Karena SMP Santa Maria 2 Sidoarjo baru saja mendirikan Komunitas Dulink, maka para anggota Dulink Surabaya juga mensharingkan kegiatan dan habitus mereka di sekolah.  Selain itu Dulink Sidoarjo juga ingin mengetahui bagaimana struktur kepengurusan, perekrutan, kegiatan, serta beberapa kolaborasi yang sudah pernah dilakukan oleh Dulink Surabaya.

Tidak lupa juga ada sharing dari Caroline (9D) dan Felicia (9D) mengenai SIAPP (Siswa Inspiratif Anak Pembaharu Pancasila). Pada sesi ini mereka menyampaikan tentang pengalaman mereka selama mengikuti kegiatan SIAPP  dan bagaimana dengan mengikuti kegiatan ini mereka belajar untuk menjadi pembaharu. Tidak hanya itu mereka pun mendampingi para peserta untuk menemukan isu-isu dan keprihatinan yang berdampak kepada lingkungan serta menemukan solusi yang jitu untuk isu tersebut.

Di hari kedua, peserta diajak untuk melakukan Membumi Nafas Kehidupan, untuk menyadarkan kembali kita semua bahwa kita harus berterima kasih dan bersyukur kepada alam semesta yang sudah memberikan Nafas Kehidupan bagi kita semua. Peserta pun diajak untuk memeluk, berbincang, dan berterima kasih kepada pohon yang ada disekitar mereka. Setelah itu, peserta bermain bersama untuk menbangkitkan dan menyalurkan semangat mereka.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan sharing Sidoarjo mengenai produk-produk ecopreneur mereka. Para anggota Dulink Sidoarjo mendemonstrasikan cara untuk membuat Biowash, Pupuk Takakura, dan juga POC. Para peserta Dulink Surabaya terlihat antusias mengikuti kegiatan ini dan mereka bertekad untuk mencoba membuatnya di sekolah. Di akhir kegiatan para peserta Dulink Sanmar dan Sidoarjo membuat aksi nyata yang akan mereka lakukan bersama sebagai awal dari kolaborasi kedua komunitas.

Sebagai ketua program, Jacqueline (7B), bersyukur karena acara yang sudah dipersiapkan sejak semester ganjil kemarin dapat  berlangsung dengan lancar dan para peserta Dulink Sanmar Surabaya dan Sidoarjo dapat bekerja sama dengan baik di semua kegiatan.

 

Penulis: Jacqueline Soefianto (7B)