News &
Updates

News Image

Share

Cetury, Ajang OSIS SMP Ursulin Terkini
19 April 2023

Sabtu, 15 April 2023

Cetury merupakan sebuah acara pertemuan virtual Pengurus OSIS SMP sekolah-sekolah Ursulin se-Indonesia. Sekolah-sekolah yang mengikuti kegiatan ini adalah OSIS SMP Santa Maria Surabaya, SMP Santa Maria II Sidoarjo, SMP Santo Yusup Pacet Mojokerto, SMP Bernardus Madiun, SMP Regina Pacis Solo, SMP Maria Asumpta Klaten, SMP Santa Ursula Ende, SMP Santa Ursula Baucau, SMP Santa Ursula Bandung, SMP Theodorus Kotamobagu Sulawesi, SMP Yuwati Bhakti Sukabumi, SMP Santa Angela Atambua,  SMP Cor Jesu Malang, SMP Santo Vincentius Jakarta, SMP Santa Theresia Jakarta, SMP Santa Angela Bandung, SMP Santa Ursula Jakarta, SMP Santa Maria Jakarta. Dengan kegiatan ini pengurus OSIS bertemu dan bisa saling bertukar pendapat satu sama lain. Cetury kali ini sudah yang ke-3 kalinya. Yang menjadi tuan rumah adalah OSIS SMP Cor Jesu Malang.

Kegiatan Cetury dengan mengambil tema "Impactful Generation" dimulai pukul 09.00 sampai 12.00 melalui zoom meeting. Acara diawali dengan doa dan sambutan dari Sr. Ferdinanda. 

"Ketrampilan berkolaborasi, komunikasi, dan bijaksana dalam menggunakan teknologi sangat penting dalam membangun genesari yang impactful" kata Sr. Ferdinanda dalam sambutannya.

Di acara Cetury tahun ini mengundang narasumber yaitu Budi Susanto, seorang konduktor paduan suara andalan Indonesia. Beliau memberikan materi tentang kepercayaan diri. Beliau juga mengajarkan bahwa lingkungan pertemanan itu sangat mempengaruhi kehidupan. Jadi perlu memilih  lingkungan pertemanan yang positif dan supportif, agar bisa berkembang bersama.

Sesi tanya jawab bersama Kak Budi pun berjalan dengan sangat seru dan asyik. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang menarik. Dari OSIS SMP Santa Maria Surabaya, Kristo, Chantal, dan Brenda, yang memberikan pertanyaan yang inspiratif pada kak Budi. 

Setelah sesi dengan narasumber, kemudian masuk pada inti acara Cetury  yaitu sesi diskusi. Di sini, peserta dibagi menjadi  17 tim. Di breakout room ini, peserta diajak berdiskusi untuk merancang program yang dapat membuat siswa/i menjadi Impactful Generation. Lalu, setelah sesi diskusi, acara Cetury ditutup dengan peneguhan dari Rm. Dimas Satyawardana. 

 

Penulis : Rebecca Straccia Lim, Kelas 8D, Siswi SMP Santa Maria Surabaya