News &
Updates

News Image

Share

CERDAS BERMEDIA SOSIAL
7 Desember 2021

CERDAS BERMEDIA SOSIAL

Perkembangan teknologi memberikan banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satunya berdampak pada kebiasaan dan perilaku masyarakat. Kini teknologi telah memudahkan pekerjaan banyak orang, salah satunya dengan kehadiran banyak media sosial.. Tak hanya digunakan untuk komunikasi pribadi, media sosial memiliki banyak fungsi lainnya yang seiring berjalannya waktu semakin banyak. Beberapa jenis media sosial yang pada umumnya dimiliki masyarakat Indoensia adalah Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok. Hampir semua masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan memiliki media sosial bahkan lebih dari satu.

SMP Santa Maria Surabaya memberi bekal literasi digital kepada para murid kelas 7, 8, 9. Literasi digital membahas tentang media online yang saat ini sangat dekat dengan kebutuhan semua orang. Demikian halnya kegiatan pembelajaran saat ini SMP Santa Maria Surabaya memanfaatkan media online sebagai laboratorium teknologi yang dapat dipakai untuk kecakapan hidup. Namun perlu memberikan sebuah pondasi yang kuat ketika hendak melepas peserta didik berselancar di media online atau media social sebab ada dampak positif dan negative saat mempergunakan sarana teknologi tersebut.

Kegiatan webinar untuk siswa-siswi SMP Santa Maria Surabaya dilaksanakan pada hari Senin, 6 Desember 2021 dengan menghadirkan narasumber Bapak Sarifudin dari Staf Humas Kementrian Komunikasi dan Informatika RI. Kegiatan webinar ini diikuti oleh kurang lebih 500 siswa-siswi dari kelas 7, 8 dan 9. Paparan materi yang disampaikan oleh Bapak Sarifudin adalah tentang jejak digital, hoaks, nitiket, standar komunitas digital, UU ITE. Antusias peserta webinar yang bagus membuat waktu seolah-olah berjalan cepat. Dengan diadakannya kegiatan webinar ini diharapkan peserta didik memiliki bekal dasar pengetahuan tentang literasi digital, agar kita semakin bijak dalam menggunakan teknologi IT ini. Pukul 10.30 acara berakhir setelah sambutan dari Kepala Sekolah.