News &
Updates

News Image

Share

Cara Mengetahui Bakat dan Minat Peserta Didik Melalui Asesmen Bakat dan Minat
26 Februari 2024

Kampus Ursulin Surabaya – Senin (26/2/2024), mulai pukul 08.00 s.d. 10.30 WIB diselenggarakan Asesment Bakat Minat atau ABM untuk kelas 9D. Asesmen Bakat dan Minat diberikan untuk semua peserta didik kelas 9. Asesmen Bakat Minat merupakan tes untuk mengukur kemampuan umum seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikan pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. 

Asesmen ini bertujuan untuk memprediksi kemampuan seseorang dalam menguasai hal baru pada pekerjaan atau program pendidikan dijenjang berikutnya. Asesmen ini diharapkan dapat membuat arah pengembangan diri secara lebih jelas dan terencana, maka hal ini dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam menelusuri bakat dan minatnya.

Pelaksanaan asesmen bakat minat dilaksanakan di ruang komputer dan ruang bahasa. Untuk kelancaran kegiatan asesmen ini, sesuai panduannya setiap ruang ada 15 peserta didik dan didampingi oleh operator. Pengerjaan asesmen ini disediakan waktu 150 menit atau 2,5 jam.  Asesmen ini secara online langsung, dan asesmen ini diakses melalui website Pusmendik Kemendikbud RI. Dalam asesmen ini terdapat pertanyaan-pertanyaan yang dapat menggali potensi pribadi peserta didik. Pertanyaan logika, berhitung, mengidentifikasi teks dan sebagainya.

Dengan adanya asesmen ini, peserta didik akan lebih mudah menentukan pilihan pengembangan bakat dan minat saat di jenjang sekolah menengah atas. Mengetahui pentingnya asesmen tersebut, maka para peserta didik mempersiapkan diri dengan baik, dan mengerjakan dengan penuh ketekunan dan ketelitian.

Penulis : Felice Cordelia Santoso, kelas 9