News &
Updates

News Image

Share

Belajar Dan Berpetualang Bersama Ecoton
16 Februari 2024

Kampus Ursulin Surabaya - Kamis tanggal 15 Februari 2024, perwakilan siswa-siswi kelas 9 mengunjungi Ecoton di Desa Wringinanom, Gresik. Tujuan mengunjungi Ecoton untuk melakukan penelitian terhadap limbah di Sungai Surabaya dan cara pengolahannya. Ecoton adalah Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan,  didirikan oleh Prigi Arisandi, M.Si dan diresmikan pada tahun 2000.  Keberadaan Ecoton merupakan hasil dari rasa keprihatinan terhadap permasalahan lingkungan.

Di tempat ini, siswa-siswi bisa belajar banyak hal salah satunya adalah biotilik. Tujuan dari biotilik untuk mengamati secara teliti kualitas air sungai dengan cara mengambil sampel dari 100 serangga air. Tidak hanya biotilik kami pun melihat kandungan microplastic yang ada di dalam sungai Surabaya dengan menggunakan mikroskop. Kami pun menginvestigasi limbah pabrik yang dibuang secara asal oleh pihak industri. kami menemukan banyak bahan pemutih dan detergen yang terkandung dalam limbah pabrik tersebut.

Banyak pembelajaran yang diberikan oleh Ecoton terhadap kami sebagai generasi muda untuk melangkah ke depan dan pembelajaran ini kita tidak bisa dapatkan di kelas. Ecoton memberikan kami inspirasi dan motivasi untuk generasi muda saat ini untuk memperbaiki aktivitas kami dan memperjuangkan bumi yang lebih baik untuk ke depannya. Kami sebagai generasi muda tidak bisa menutup mata terhadap permasalahan isu lingkungan saat ini karena apa yang kita tabur maka itu yang kita tuai ke depannya. Ecoton memberikan pesan kepada kami generasi muda untuk terus bergerak ke depan menuju bumi yang lebih baik dan sehat.

 

Penulis : Felicia Laura Tanumihardjo - 9D/12.