News &
Updates

News Image

Share

Asesmen Nasional 2021
25 Oktober 2021

         Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Kompetensi yang dinilai mencakup kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi.

         Dua kompetensi yang akan diukur melalui AKM, yaitu : Asesmen Literasi bertujuan untuk mengukur kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas Individu sebagai warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat. Asesmen numerasi untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

         Untuk menyiapkan asesmen kompetensi minimum hari Jumat, 3 September 2021 SMP Santa Maria Surabaya mengembangkan kualitas SDM dengan mengadakan Workshop tentang Peningkatan Komptensi Guru Dalam Menghadapi Paradigma Baru Pembelajaran yang Berorientasi pada Asesmen Kompetensi minimum, bersama Dr. Dwi Ilham Rahardjo, M. Pd. dari LPMP.