News &
Updates

News Image

Share

ALUMNI MENGAJAR
24 Maret 2023

Senin, 20 Maret 2023 sekolah kehadiran empat alumni. Sean Christophe Hartanto, Alicia Claresta, Jevelyn Calista Santoso, Nathan Aditya adalah Alumni SMP Santa Maria tahun 2017, hadir disekolah untuk melakukan kegiatan Service Learning Pelajaran IT. Keempat alumni yang masih kuliah diperguruan tinggi swasta Surabaya ini memilih SMP Santa Maria Surabaya sebagai almamaternya untuk kegiatan service learning. Meskipun sudah menjadi alumni, namun nilai Serviam tetap dihatinya. Melayani dengan membagikan ilmu kepada adik-adik yang masih di SMP Santa Maria. 

Saya sangat senang dapat mengamalkan nilai Servite et Amate dengan mengajar adik adik kelas 8 dan 9 di SMP Santa Maria Surabaya. Mereka aktif bertanya dan menjawab sehingga kelas terasa sangat hidup. Beberapa dari mereka bahkan bisa memahami dan mengikuti materi yang saya dan teman-teman saya bagikan dengan cepat. Saya menjadi semakin menyadari bahwa respon dan interaksi dengan pengajar adalah salah satu kunci kelancaran proses belajar mengajar. Melalui pengalaman mengajar ini saya dapat membagikan ilmu yang saya miliki kepada adik adik kelas saya. Selain itu, kesempatan ini juga memberikan pembelajaran bagi saya. (Sean Christophe Hartanto)

Pengalaman mengajar pertama kali di SMP Santa Maria memberi pengamalan tersendiri bagi saya. Pengalaman menarik saya adalah  dapat berbagi ilmu, salut dengan antusias adik-adik. Saya belajar untuk menyampaikan materi sesederhana mungkin agar dapat mudah dipahami. Selama mengajar, saya merasa masih perlu belajar  dalam memahami karakter, pemikiran, perilaku pelajar usia remaja serta metode pengajarannya. Harapan saya setelah kegiatan ini, tidak hanya para murid yang belajar, namun kami sebagai alumni juga bisa berproses bersama dan pengalaman yang kami berikan bisa dimanfaatkan dengan baik. (Alicia Claresta)

Mengajar kelas 8 dan 9 kali ini merupakan pengalaman pertama saya dalam mengajar. Pengalaman ini sangat seru dan berkesan bagi saya karena persiapan dan proses yang saya lalui. Saya belajar bagaimana cara untuk berinteraksi dengan murid dan cara mempersiapkan materi untuk proses pembelajaran. Harapan saya setelah kegiatan service learning ini adalah materi yang kami berikan dapat berguna dan dimanfaatkan dengan baik oleh adik-adik. Selain itu, pengalaman ini dapat membantu saya dan teman kelompok saya untuk belajar. (Jevelyn Calista Santoso)