News &
Updates

News Image

Share

Yesus Hadir dalam Keluargaku, BKSN 2023
1 September 2023

Berikut rangkuman hasil wawancara dengan narasumber Sr. Yuliana Margareta, OSU. Bulan September merupakan salah satu bulan istimewa bagi umat Katolik. Mengapa demikian? Karena Bulan September telah dikhususkan oleh Gereja Katolik Indonesia sebagai Bulan Kitab Suci Nasional. Dalam sidang MAWI 1977 (Majelis Agung Wali gereja Indonesia, sekarang KWI Konferensi Wali gereja Indonesia), para Uskup menetapkan agar satu hari Minggu tertentu dalam tahun Gerejawi ditetapkan sebagai hari Minggu Kitab Suci Nasional. Hari Minggu yang dimaksudkan adalah hari Minggu pertama bulan September. Dalam perkembangan selanjutnya, keinginan umat untuk membaca dan mendalami Kitab Suci semakin berkembang. Satu Minggu
dirasa tidak cukup lagi untuk mengadakan kegiatan-kegiatan seputar Kitab Suci. Maka, kegiatan-kegiatan ini berlangsung sepanjang bulan September
dan bulan ke-9 ini sampai sekarang menjadi Bulan Kitab Suci Nasional. 

SMP Santa Maria Surabaya sebagai bagian dari karya Pendidikan yang ada di lingkup Gereja Keuskupan Surabaya, tidak ketinggalan untuk turut serta menyemarakkan kegiatan BKSN. Dengan tema umum “Yesus Hadir dalam Keluargaku”, mengajak Keluarga besar SMP Santa Maria Surabaya merefleksikan kembali akan kehadiran Yesus di dalam keluarga. Sekolah juga menjadi keluarga kedua bagi para peserta didik dan juga segenap civitas SMP Santa Maria Surabaya. Ibadat Pembuka BKSN yang berlangsung tanggal 1 September 2023, bertempat di aula lantai IV dengan dibawakan oleh Sr. Yuliana Margareta, OSU Dalam ibadat pembuka tersebut disampaikan juga akan pentingnya pondasi iman yang kuat dalam keluarga agar dapat menjadi akar bagi tumbuhnya iman dari setiap pribadi. Dengan demikian, diharapkan berbagai tantangan dan rintangan yang ada tidak dengan mudah menumbangkan dan merobohkan bangunan iman yang dimiliki oleh setiap pribadi.

Untuk menyemarakkan BKSN 2023, selain pelaksanaan ibadat pembuka dan penutup, juga akan diadakan lomba lektor dan pemazmur guna menemukan siswa-siswi yang mempunyai talenta dalam dua bentuk pelayanan liturgi Gereja tersebut. Sedangkan untuk aksi harian bersama di sepanjang BKSN 2023 ini, diadakan persembahan intensi doa yang ditempatkan di kotak yang ada di depan sudut rohani di mana terdapat  Kitab Suci sebagi Sumber Firman, yang dibacakan setiap hari dan menjadi bahan refleksi nilai-nilai hidup harian. Intensi doa tersebut, akan dilanjutkan untuk dipersembahkan kepada para suster, sebagai persembahan doa yang didoakan setiap Sabtu dan dibakar sebagai permohonan di depan Gua Maria di biara Santa Maria Surabaya.

Keantusiasan siswa-siswi dalam menanggapi gerakan bersama dan juga berbagai kegiatan di BKSN tersebut, terlihat pada semangat mereka dalam menyanyikan lagu “Baca Kitab Suci doa tiap hari kalau mau tumbuh”. Selain itu juga terpancar dalam semangat mereka ketika menyanyikan lagu pembuka yang dikemas dalam 4 bahasa “Yesus di dalam rumahku, senang-senanglah”. Harapan besar tentunya menjadi kerinduan semuanya agar melalui berbagai kegiatan dalam rangka BKSN dapat semakin menggerakkan segenap Keluarga Besar SMP Santa Maria Surabaya untuk semakin mencintai dan menghidupi Sabda Tuhan dalam hidup harian, dimulai dari keluarga. Tuhan memberkati.

 

Penulis : Madeleine Aliza Ceinwen-7C/21 dan Michelle Charisslyn Christabel-7C/25