News &
Updates

News Image

Share

Workshop Pemantapan Pentingnya Pengelolaan E-Kinerja di PMM
21 Juni 2024

Kampus Ursulin Surabaya—Jumat (21/06/2024) PMM (Platform Merdeka Mengajar) adalah salah satu platform digital yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang memiliki 3 fungsi, yaitu fungsi mengajar, fungsi belajar, dan fungsi berkarya. Untuk lebih memahami pentingnya 3 fungsi dalam platform digital PMM, bertempat di kelas VII D SMP Santa Maria diselenggarakan Workshop Pemantapan Pentingnya Pengelolaan E-Kinerja di PMM dengan narasumber Prapto Rusianto, S.Psi., M.SI., Pengawas Sekolah Kota Surabaya.
“Untuk saat ini yang diperlukan oleh sekolah ialah kemauan dan kemampuan untuk berkolaborasi bukan berkompetisi antarsekolah, mengingat setiap sekolah memiliki karakter dan kekhasan masing-masing berikut pula dengan pangsanya,” ungkap Prapto, mengawali workshop. Sebagai pengawas sekolah dengan 40 SMP binaan, Prapto mengatakan bahwa pentingnya kemampuan dalam pengelolaan e-kinerja dalam administrasi pendidikan dan pembelajaran untuk mengukur kemajuan yang dicapai dalam melayani kebutuhan peserta didik dan perkembangan dinamika pendidikan. Mengenali diri dan perannya sebagai pendidik merupakan salah satu materi dari PMM yang dikupas untuk mengenali diri dan perannya sebagai pendidik, apa peran saya sebagai guru, dan ingin menjadi guru seperti apa saya.
“Sebagai Pendidik tentu sudah seharusnya mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan murid. Akan tetapi hal yang paling mendasar juga harus dimulai dari diri sendiri yaitu mengenali kekuatan dan kelemahan diri,” papar prapto, menekankan pentingnya mengenai diri dan perannya sebagai pendidik. 
Mengakhiri worshop, Prapto menyimpulkan bahwa pengelolaan e-kinerja pada PMM merupakan alat bantu yang memudahkan guru dan kepala sekolah untuk menentukan sasaran kinerja yang lebih konstekstual sesuai kebutuhan sekolah dan pengembangan karir untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta sejalan dengan proses pengembangan, pembaruan, dan penyesuaian paradigma pendidikan dengan tuntutan perkembangan zaman. (hra)