News &
Updates

News Image

Share

Semarak Pitulasan, Membangun Semangat Siswa-Siswi SMP Santa Maria di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79
17 Agustus 2024

Kampus Ursulin Surabaya – Jumat (16/08/2024) Acara Semarak Pitulasan dalam merayakan Kemerdekaan Indonesia ke-79. Pada hari pertama tanggal 14 Agustus 2024, acara dimulai dengan adanya upacara memperingati Hari Pramuka yang ke-63 dengan tema "Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI". Setelah mengikuti upacara dilanjutkan dengan adanya istirahat terlebih dahulu. Lalu acara dilanjutkan dengan lomba dari perpustakaan dimana siswa dan siswi membuat sebuah literasi tentang tokoh inspirasi dari buku buku yang sudah mereka baca. Setelah mengikuti lomba dari perpustakaan, siswa dan siswi mengikuti istirahat.

Lalu, setelah istirahat, lomba Semarak Pitulasan di hari pertama dimulai, siswa dan siswi berlomba dengan membuat poster dengan tema "Pahlawan Teladan" serta "Perawan Maria Diangkat ke Surga",  mading dengan tema "Pahlawan Teladan" serta video kreatif dengan tema "Generasi Muda yang Berjaya, Bangun Indonesia". Situasi di sekolah sangat ramai karena para siswa siswi berpartisipasi aktif dalam lomba Semarak Pitulasan di hari yang pertama. Dalam lomba di hari pertama ini, siswa dan siswi mendapatkan nilai semangat persatuan dan totalitas, mulai dari bekerja sama dan berdiskusi bersama teman-teman sekelas dalam lomba-lomba yang ada serta berusaha mengerjakan lomba dengan sebaik mungkin dan totalitas.

Setelah mengikuti lomba perpustakaan, membuat poster, mading, dan video kreatif di dalam kelas, tepat 1 hari sebelum HUT RI yang ke-79, siswa/i mengikuti berbagai macam lomba di Lapangan Tumapel, seperti lomba Balap Karung Helm Sengkuyung, Potlot Mlebu Botol, Geganti Sarung, Estafet Kardus, serta Tarik Tambang Lungguh. Tak hanya siswa/i, pada kesempatan kali ini bapak dan ibu guru juga mengikuti lomba yang telah dipersiapkan oleh panitia Semarak Pitulasan.

Semua siswa/i terlibat aktif dalam mengikuti lomba maupun menjadi supporter bagi peserta lomba dari kelas mereka sehingga rangkaian kegiatan Semarak Pitulasan ini dapat berjalan dengan seru dan menyenangkan dari awal hingga akhir. Bersama, siswa siswi SMP Santa Maria Surabaya siap untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79!

Penulis : Alea-Wakil Ketua OSIS dan Cilla-Sekretaris OSIS