News &
Updates

News Image

Retret Kelas 9A, 9B, 9C “Menjadi Duta Serviam Yang Diutus”
11 September 2023

Surabaya, Kampus Ursulin-Sanmaris, tanggal 4-6 September 2023, kami para siswa/siswi kelas 9 SMP Santa Maria Surabaya mengikuti retret di "Bintang Kejora" Pacet, Mojokerto. Rumah retret Bintang Kejora sendiri merupakan rumah retret milik Biara Ursulin. Perjalanan kami tempuh dari sekolah kami kurang lebih 1,5 jam. Sesampai di sana kami bertemu bersama siswa/siswi SMPK Santo Yusup Pacet lalu menuju ke kamar masing-masing yang telah disediakan dan kamarnya sangat nyaman. Sore itu kami punya waktu bebas untuk jalan-jalan, kami dapat melihat pemandangan Bintang Kejora yang luar biasa, juga ada sebuah gua Maria dan Jalan Salib yang berada di sekitar lingkungannya.

Jam 4 sore kami memulai acara retret. Semua HP dikumpulkan. Kami diperkenalkan kepada anggota panitia yang dipimpin oleh Bro Diaz dan timnya, mulai dengan perkenalan tiap anggota, ice breaking, dan  event hari pertama “Points of You” berupa kegiatan untuk lebih mengenal diri kita masing-masing dan lebih memahami apa yang bisa dilihat dari berbagai macam sudut pandang.

Hari kedua adalah kegiatan outbond. Salah satu kegiatannya adalah kereta buta, dalam permainan ini seluruh anggota kelompok ditutup matanya dan kami harus melewati bermacam rintangan. Dalam kegiatan ini, kami belajar harus percaya kepada instruksi ketua kelompok dan saling bekerja sama supaya dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Malamnya ada kegiatan api unggun dan tiap kelompok menampilkan drama masing-masing yang telah disiapkan. Selain itu juga ada kegiatan apresiasi dimana kami belajar untuk menghargai setiap teman.

Pada pagi hari ketiga, kami berkemas dan membersihkan kamar sebelum mengikuti kegiatan. Kami mengevaluasi apa saja yang telah dipelajari kemudian ditutup dengan perayaan Ekaristi. Setelah makan siang bersama, tiba waktunya kami kembali pulang ke Surabaya. HP kami dikembalikan, ternyata kami bisa lebih fokus tanpa memegang HP selama 3 hari . Masih ada waktu sebentar untuk menikmati alam Bintang Kejora dan mengambil foto bersama teman-teman untuk kenangan sebelum bus kami datang.

Semoga kegiatan retret ini membuat kami semua bisa menjadi Duta Serviam yang diutus. Terimakasih para suster, guru, panitia dan semua yang terlibat dalam kegiatan retret ini. God Bless You all.