News &
Updates

News Image

Share

Pribadi Berkualitas, Pribadi Yang Berintegritas
1 September 2023

Rekoleksi peserta didik kelas 8 mengulas tentang bagaimana menjadi pribadi yang berintegritas menurut teladan Santa Angela. Integritas adalah yang kita pikirkan dan ucapkan sesuai dengan apa yang kita lakukan. Supaya menjadi pribadi yang berintegritas dapat dimulai dengan hal yang sederhana seperti membuat suatu janji atau perencanaan harus benar-benar memikirkannya sampai matang dan melakukan perencanaan tersebut sesuai rencana. 

Salah satu sesi dalam rekoleksi ini adalah membuat komitmen atau keyakinan kelas. Sesi ini dimulai dengan pertanyaan fasilitator. “Lebih nyaman yang mana antara keyakinan kelas dan poin pelanggaran?” tanya Sr. Yuli kepada peserta rekoleksi. Ada yang memberikan respon memilih poin pelanggaran. Namun, Sr. Yuli memberikan pemahaman bahwa keyakinan kelas dibuat untuk menyadarkan diri kita untuk berperilaku dewasa secara mandiri dan inisiatif, dan bukan karena paksaan dan tekanan. Peserta rekoleksi juga di ajak untuk mengaksinyatakan komitmen integritas seturut semangat Santa Angela. Teladan Santa Angela memberikan pelajaran-pelajaran hidup yang sangat bermanfaat melalui perbuatannya sehari-hari hingga perkataan-perkataannya. Santa Angela tidak jauh berbeda anak muda jaman sekarang, memiliki perasaan sedih atau senang. 

Peserta rekoleksi di ajak untuk merenungkan kembali apa yang menjadi tujuan hidup mereka dan ditulis di sticky notes. Setelah menuliskan tujuan hidup dan menulis niat-niat di sticky notes, kemudian ditempel dipapan. Peserta juga menghias atau menggambar di kertas manila sesuai dengan bakat dan kreativitasnya masing-masing kelas. Hasil karya ini dijadikan bahan untuk sesi sharing. Akhir sesi, peserta rekoleksi diminta untuk membuat kelompok kecil yang beranggotakan 4 orang lalu mengsharingkan tentang simbol diri dan alasannya. Seru banget, dan mari menjadi pribadi yang berintegritas seturut semangat Santa Angela.

Penulis : Rere 8E/22 & Fanya 8E/28