News &
Updates

News Image

Share

PERINGATAN HARI KARTINI SMP SANTA MARIA SURABAYA KAMIS, 21 APRIL 2022
25 April 2022

Acara peringatan Hari Kartini di SMP Santa Maria Surabaya pada hari Kamis tanggal 21 April 2022  dipandu oleh Ibu Dra. Margaretha S.R. yang mengingatkan kita bahwa Ibu Kartini adalah sosok yang memperjuangkan kesetaraan wanita, hak perempuan, emansipasi wanita di bumi pertiwi Indonesia. Rangkaian kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini, puisi, dan testimoni dari beberapa pemerhati wanita. 

Angela Anna sebagai alumni SMP Santa Maria Surabaya mengatakan bahwa semangat RA Kartini juga bisa diteladani dari Santa Angela. Dan bercermin dari perjuangan R.A. Kartini dan Santa Angela, saat ini kita para perempuan bisa berjuang dan bisa membagikan semangat kepada orang lain di sekitar kita untuk bisa membawa perubahan yang lebih baik lagi dan juga emansipasi wanita saat ini juga sudah nampak sekali dengan adanya kesetaraan antara laki-laki dan juga perempuan dalam melakukan berbagai macam kegiatan 

Alumni SMP Santa Maria Surabaya lainnya yaitu Shirly Yunita W., SH, M.Kn (Notaris PPAT Kab. Sidoarjo) memberikan testimoninya bahwa pemikiran dan tulisan RA Kartini menginspirasi wanita sehingga tidak dianggap rendah. Dalam UUD 1945 pasal 27 dinyatakan bahwa tidak terdapat pembedaan atau diskrinminasi antara laki-laki dan perempuan. Namun perlu digarisbawahi bahwa kedudukan wanita yang sejajar dengan pria tetap harus ingat dengan kodratnya sebagai wanita. Perlindungan terhadap wanita juga perlu dinyatakan secara eksplisit dan khusus, dijamin hak asasinya karena perempuan dalam kajian dan konvensi internasional dimasukkan dalam kelompok yang rentan. 

Ibu Agatha Retnosari yang merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur yang juga menjadi narasumber mengatakan bahwa saat ini tidak hanya anggota dewan saja yang perempuan, kita juga punya gubernur perempuan, kita juga sudah pernah punya walikota perempuan, bahkan kita pernah punya presiden perempuan. Perempuan sama hebatnya dengan laki-laki. Perempuan saat ini memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam hal menuntut ilmu dan mempunyai kesempatan yang sama untuk menentukan masa depannya dan mencapai cita-citanya. Beliau meminta kita memakai waktu dengan baik dan menyongsong masa depan dengan penuh semangat. 

Selain itu ada testimoni inspiratif dari Ibu Anne Avantie (perancang busana yang terkenal di skala internasional). Beliau mengatakan menjadi perempuan adalah masalah kelahiran tetapi menjadi bijaksana adalah sebuah pilihan. Perempuan pintar saja tidak cukup, tetapi juga harus cerdas. Ada garis kehidupan yang memberi batasan kepada perempuan. Perempuan jangan sewenang-wenang bila sudah pintar dan bisa mencari nafkah. Jadi perempuan Indonesia itu harus bersahaja dan menghormati bahwa perempuan diciptakan dari tulang rusuk pria. Dalam hukum Tuhan, perempuan diciptakan sebagai penolong pria. Beliau mengajak kita menjadi pintar, cerdas, berakhlak baik dan mempunyai pemikiran yang baik seperti suri teladan dan juga harus bisa menginspirasi bagi banyak orang dan sesama.

Setelah rangkaian acara peringatan Hari Kartini selesai, dilanjutkan dengan pembuatan refleksi dalam bentuk padlet. 

SELAMAT HARI KARTINI.

Penulis : Kathleen Tiffany Guntur | VIIA-20