News &
Updates

News Image

Share

Kampus Santa Maria: Misa Pembukaan Tahun Pelajaran 2024/2025
24 Juli 2024

Kampus Ursulin Surabaya – Selasa (23/7/2024) Pastoral Kampus Santa Maria Surabaya menyelenggarakan misa pembukaan tahun pelajaran 2024/2025 dengan ujub memohon berkat untuk berlangsungnya pelaksanaan penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran beserta dengan programnya selama tahun pelajaran 2024/2025. Misa dipimpin oleh RD Robertus Theo Elno Respati di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus (HKY) dan diikuti kurang lebih 1500 orang, yang terdiri dari siswa/siswi KB/TK, SD, SMP, dan SMA Santa Maria Surabaya. 

Misa ini dimulai dengan lagu “Jemaat Allah Marilah” yang dinyanyikan dengan merdu oleh paduan suara SD Santa Maria, lalu dilanjut dengan doa, nyanyian, dan liturgi sabda dengan petugas liturginya dari SMP Santa Maria dan SMA Santa Maria berperan sebagai petugas ketertiban untuk membuat suasana misa dapat berlangsung dengan khidmat dan khusyuk  Di saat Homili,  Romo Theo, panggilan akrabnya,  mengawali dengan pertanyaan bagaimana rasanya masuk sekolah lagi dan dari pertanyaan tersebut kemudian suasana gereja menjadi meriah karena ada sebagian yang menjawab senang dan ada juga yang menjawab tidak senang. Setelah Romo Theo berhasil mengajak komunikasi dua arah lalu Beliau meminta para siswa/siswi untuk saling menatap satu sama lain dengan senyum, senyum dengan teman di samping, di depan, maupun di belakang. Romo Theo pun juga berbagi pengalamaan saat dulu bersekolah ketika memasuki masa ujian.  Pada waktu sedang ujian guru hanya akan memberikan soal ujian lalu keluar dari kelas, jika sudah selesai ujiannya baru guru tersebut masuk kembali kedalam kelas. Romo Theo pun mengatakan bahwa dari kisah ini terdapat nilai yang dapat diambil yaitu nilai kejujuran. Nilai kejujuran ini dapat di lihat di bagian bahwa di saat guru keluar dari kelas di saat ujian sedang berlangsung sehingga di dalam cerita tersebut kita diajak untuk mengendalikan diri untuk tidak mencontek dan belajar untuk menerima dan bersyukur serta menerima dengan rendah hati jika nilai yang kita dapatkan itu kurang atau jelek tidak sesuai dengan harapan.

Melalui homili Romo Theo, kita semua pun diajak kembali untuk selalu mengingat, memahami, dan menerapkan serta merefleksikan nilai kejujuran yang merupakan bagian dari nilai-nilai Serviam, yaitu integritas dan totalitas. Integritas mengajarkan kita untuk selalu memegang prinsip kebenaran dan kejujuran dalam setiap tindakan kita tidak tergoyahkan oleh godaan untuk berbuat curang atau tidak jujur, juga totalitas mengajak kita untuk memberikan yang terbaik dalam segala hal yang kita lakukan mendorong kita untuk berkomitmen sepenuhnya dalam segala hal. Dengan memiliki integritas dan totalitas, kita mampu mengendalikan diri dan tetap jujur dalam setiap situasi. Selamat memasuki tahun pelajaran 2024/2025 dan salam Serviam.

 

Penulis; Celine Giselle