News &
Updates

News Image

Share

BKSN 2022 SMP SANTA MARIA SURABAYA
3 Oktober 2022

Bulan September baru saja berlalu. Sebagaimana menjadi tradisi dalam Gereja Katolik, bulan September didedikasikan sebagai Bulan Kitab Suci Nasional. Tema yang diambil untuk BKSN 2022 Keuskupan Surabaya adalah “Lakukanlah Ini Sebagai Peringatan akan Daku” ( Luk 22:19). Tema ini diambil sejalan dengan fokus pastoral Arah Dasar Keuskupan tahun ini sebagai Persekutuan Murid-Murid Kristus yang Bersatu dengan Kristus dalam Penghayatan Sakramen, terutama Ekaristi.

Keluarga Besar SMP Santa Maria, tidak ketinggalan dalam memeriahkan BKSN 2022. Rangkaian kegiatan dibuka dengan ibadat pembuka bulan Kitab Suci yang dipandu oleh Sr. Yuliana Margareta, OSU pada tanggal 1 September 2022. Inti pesan dalam renungan ibadat kali ini adalah ajakan untuk mencintai Kitab Suci dengan bertekun membaca, merenungkan sabda-Nya, dan menjadi pelaku sabda. Selain itu, kita semua diingatkan untuk senantiasa menyiapkan diri setiap kali mengikuti Perayaan Ekaristi. Tema ibadat pembuka BKSN kali ini adalah “Merayakan Karya Keselamatan”.

Selama bulan September 2022, setiap hari diadakan refleksi sabda dengan menuliskan kata atau kalimat yang berkesan dari perikop yang dibacakan setiap doa pagi, dan menjadikannya motivasi untuk diwujudkan dalam kegiatan harian. Selain itu, untuk tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan tenaga penunjang, mereka menuliskan ketertarikan pada perikop yang ada dalam Injil Lukas, merenungkannya, dan menuliskan refleksi dalam bentuk padlet sebagai kegiatan literasi dalam bulan September. Untuk bapak ibu yang nonkristiani, mereka juga dianjurkan menggali pesan sabda dari kitab suci sesuai agamanya.

Yang tidak kalah serunya adalah kompetisi perlombaan antar kelas. Kali ini perlombaannya ada 2 macam, yaitu Lomba Lektor (membaca perikop kitab suci dari Injil Lukas) dan Lomba Pemazmur. Ajang perlombaan ini, dilakukan pada hari Jumat tanggal 23 dan 30 September 2022 bertempat di Kapel Biara Ursulin Santa Maria Darmo. Bukan hadiahnya yang membuat termotivasi dalam mengikuti kegiatan perlombaan ini, tetapi kesempatan dan pengalaman untuk mengasah talenta dalam membaca Kitab Suci dan menyanyikan mazmur. Harapannya adalah melalui ajang lomba ini, akan lahir para lektor/lektris dan juga pemazmur yang siap pakai untuk berbagai kegiatan kerohanian di sekolah maupun di gereja-gereja tempat para peserta didik tinggal.

Kegiatan BKSN 2022 SMP Santa Maria ditutup dengan ibadat penutup dengan tema “Mengenali Kehadiran Tuhan”. Pesan yang disampaikan dalam ibadat kali ini adalah mengajak kita semua untuk dapat mengenali kehadiran Yesus dalam setiap peristiwa kehidupan. Akhir kata…See you di BKSN 2023….Baca Kitab Suci, doa tiap hari…kalau mau tumbuh!

Salam SERVIAM!!!! (Sr. Yuliana Margareta, OSU)